Wah, Ternyata Ini Penyebab Bocornya Keuangan Kamu, Sadarkah?

By | 2022-09-06

Meski pemasukan bulanan dirasa sudah cukup, namun kamu sering mengeluh karena rasanya selalu kurang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari? Wah, bisa jadi ada yang bocor, tuh.

Bukan genteng atau ban motor, namun keuangan kamu yang selama ini bocor halus tanpa kamu sadari.

Kamu merasa pengeluaranmu gak terlalu besar dan jarang beli barang-barang mewah, tapi jika pengeluaran kecil tersebut dilakukan secara rutin, jadi besar juga pada akhirnya.

Mungkin beberapa pengeluaran berikut ini yang bisa jadi penyebab bocornya keuangan kamu, lekas tambal, yuk!

1. Terlalu banyak nongkrong

Setiap pulang kantor atau kuliah, nongkrong dulu. Weekend datang, nongkrong juga.

Meskipun saat nongkrong cuman pesan segelas es kopi susu, tapi kalau terlalu sering juga membuat kantong bolong tanpa kamu sadari.

Jika ingin tetap nongkrong tanpa membuat keuangan bocor, cobalah untuk mengurangi frekuensi nongkrong, atau tetapkan waktu khusus seperti seminggu sekali, hanya di hari Sabtu atau Minggu, dan semacamnya.

2. Tergiur diskon belanja online

Belanja online di e-commerce kesayangan memang menyenangkan dan suka bikin candu. Harganya murah meriah ditambah promo diskonan seperti flash salecashback, dan gratis ongkir membuat banyak orang tergiur.

Tapi jika kamu setiap diskonan tanggal kembar selalu belanja, meskipun nominalnya kecil tanpa disadari pengeluaran kamu besar juga ternyata.

3. Pesan makanan online melalui aplikasi

Gak hanya belanja online, pesan makanan online juga menjadi salah satu penyebab keuanganmu bocor.

Sering kali promo seperti buy one get one dan diskonan membuatmu tergiur untuk jajan, ditambah dengan praktis dan mudahnya pesan makanan lewat aplikasi membuatmu kalap kalau sudah jajan banyak.

4. Terlalu banyak membayar langganan yang sebenarnya jarang kamu pakai

Coba hitung-hitung lagi, sudah berapa jenis subscription atau langganan aplikasi yang telah kamu punya? Layanan streaming film, streaming musik, aplikasi desain, Wi-Fi dan TV kabel, serta masih banyak lagi.

Sebenarnya hal ini boleh-boleh saja, namun cek kembali apakah semua langganan tersebut kamu gunakan, atau hanya beberapa? Kalau kamu rajin membayar tapi jarang digunakan, akan terkesan boros dan mubazir.

Itulah beberapa penyebabnya bocornya keuangan kamu. Sudah sadar mana sajakah yang sering dilakukan? Masih banyak bocor, atau sudah mulai kamu tambal?

Cobalah untuk memulai berhemat. Konsep dari berhemat adalah untuk mengurangi, bukannya menghilangkan.

Karena, jika kamu terus menerus menuruti keinginan tidak akan ada habisnya. Daripada menyesal di kemudian hari, lebih baik berhemat sejak dini.