UTB Bandar Lampung Tingkatkan Kualitas dengan Menerapkan Turnitin

Jayapurnama.com – Disela sela waktu menerima para awak media dari TVRI dan Kupas Tuntas pagi ini (Rabu, 24 Februari 2021), bertempat diruang kerjanya, Rektor UTB Lampung, Dr. Agus Mardihartono menerangkan bahwa UTB telah menerapkan penggunaan turnitin, guna melakukan cek plagiat bagi Skripsi dan jurnal mahasiswa, dengan pemberlakuan penggunaan turnitin dengan batas toleransi yang telah ditetapkan, Rektor berharap akan berdampak pada lebih meningkatkan kualitas skripsi dan jurnal mahasiswa UTB Lampung.

Sebelumnya kita harus tahu dulu apa itu Turn It In?

Salah satu aplikasi atau software yang digunakan untuk mendeteksi plagiarisme suatu karya akademik adalah Turntin. Sebagai suatu aplikasi, Turnitin merupakan aplikasi yang banyak digunakan oleh perguruan tinggi di dunia terutama untuk mengecek tingkat keaslian atau originality suatu karya.

Sejalan dengan hal tersebut Wakil Rektor 1 bidang Akademik,  Suhaimi,S.Sos.,M.I.Kom juga menjelaskan bagaimana proses pemberlakuan turnitin diterapkan, serta sudah dijalankan oleh beberapa fakultas yang ada di lingkungan UTB Lampung, yaitu FISIP dengan Prodi Administrasi Publik, Prodi Administrasi Bisnis, dan Prodi Ilmu Komunikasi.

Pada kesempatan itu pula para awak media mempertanyakan tentang pemberlakuan sistem protokol Covid 19 yang ada, karena saat memasuki lingkungan UTB Lampung, nampak jelas bahwa pemberlakuan ketak protokol covid 19 sudah terlihat, seperti memberlakukan sistem satu pintu, pengecekan suhu tubuh dan pemakaian masker, serta disediakannya tempat untuk mencuci tangan.

Disampaikan juga oleh Suhaimi,S.Sos.,M.I.Kom, bahwa mahasiswa yang ada di kampus adalah mahasiswa yang sedang melaksanakan sidang proposal skripsi ataupun melaksanakan sidang skripsi, ada juga fakultas yang melaksanakan praktikum yang juga menerapkan pembatasan jumlah mahasiswa yang melaksanakan praktikum dengan membagi menjadi beberapa kloter sehingga tidak penuh di dalam laboraturium.

Sedangkan untuk pelaksanaan perkuliahan untuk semester genap Tahun Akademik 2020 / 2021 masih akan diberlakukan proses pengajaran dengan sistem daring. Hal tersebut juga ditegaskan oleh Dr. Agus Mardihartono,MM bahwa pada prinsipnya pihak UTB tetap menunggu keputusan pemerintah tentang pelaksanaan perkuliahan, maka pihaknya akan tetap memberlakukan proses pengajaran dengan sistem daring.

Jaya Purnama
Hanya ingin bermanfaat untuk semua orang.