RKI Adakan Webinar: Manfaat Bansos Tunai Bagi Masyarakat Terdampak Covid-19

Bandar Lampung, 28/08/21, Sejak ditetapkannya Covid 19 sebagai bencana non-alam pada bulan Maret 2020 lalu, Pemerintah Indonesia kemudian mengeluarkan berbagai kebijakan untuk menanggulangi bencana nasional yang terdampat pada berbagai aspek, termasuk aspek ekonomi. 

Dampak covid 19 pada aspek ekonomi tersebut seperti terhambatnya kegiatan perekonomian masyarakat, adanya pengurangan karyawan oleh perusahaan diberbagi daerah yang mengakibatkan menurunnya daya beli masyarakat. Untuk menanggulangi hal tersebut, pemerintah mengeluarkan kebijakan salah satunya ialah adanya Bantuan Sosial Tunai (BST) yang disalurkan melalui Kementerian Sosial RI kepada masyarakat di Indonesia yang terdampak Covid 19 termasuk di Provinsi Lampung. Dalam mengakselerasi penyaluran BST, Kemensos RI bekerjasama dengan PT Pos Indonesia agar bantuan tersebut diterima oleh KPM BST dengan cepat, efektif, dan efesien.

“Dalam memaksimalkan penyaluran BST kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM), pihak kami melakukan berbagai upaya yakni membuat jadwal penyaluran yang kami sesuaikan mulai dari tingkat Kecamatan hingga RT, melakukan penyaluran di luar kantor dan hari libur kerja. Selain itu, kami juga menyalurkan BST dengan sistem door to door/ mengantar secara langsung kepada KPM yang tidak bisa datang ke kantor karena alasan tertentu seperti lansia, sakit keras, dan disabilitas”. Ujar Ibu Gabriela Sabatini, A.Md, yang mewakili Kepala Kantor POS Bandar Lampung. 

“Sedangkan untuk daerah kategori 3T yakni, terpencil, terdepan, dan tertinggal, kami melakukan pembayaran 3 tahap sekaligus agar lebih efektif karena KPM BST tidak mengeluarkan biaya tambahan perbulannya ketika akan mengambil bantuannya” lanjut Ibu Gaby, sapaan akrabnya.  

Sedangkan Bapak Drs. Achmad Moelyono, M.H. yang juga menjadi Narasumber dalam kegiatan Webinar tersebut mengungkapkan, “persyaratan masyarakat penerima BST ini ialah masyarakat pra-sejahtera (miskin), terdaftar di DTKS, masyarakat yang tidak menerima Bantuan PKH, BPNT/Sembako, Prakerja, BLT DD, dan bantuan lainnya yang bersumber dari pemerintah. 

Selain itu, “Berdasarkan pengamatan kami, Program Bansos dari Pemerintah Pusat sudah berjalan dengan baik, mekanisme penyaluran yang telah dilakukan oleh PT POS untuk Program BST kami pikir sudah efektif dan tepat sasaran. Namun ada beberapa kendala seperti adanya data ganda penerima bansos dan tidak dilakukannya pemutahiran DTKS secara maksimal sehingga terdapat penerima yang sudah mampu namun masih menjadi KPM. Selain itu, perlu adanya edukasi kepada masyarakat penerima manfaat dalam penggunanaan BST. Kami berharap permasalahan tersebut dapat segera dievaluasi.” Lanjut Bapak Mul, sapaan akrabnya, yang merupakan Dekan FISIP Universitas Tulang Bawang Lampung.

Diakhir sesi, Rahmatullah, selaku perwakilan dari Rumah Kreasi Indonesia mengucapkan selamat Ulang Tahun ke 765 kepada PT POS Indonesia. “Rumah Kreasi Indonesia mengucapkan selamat Ulang Tahun ke 765 kepada PT POS Indonesia, semoga dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Indonesia. Kami juga mengucapkan  terimakasih kepada seluruh narasumber dan peserta yang telah mengikuti kegiatan webinar ini, serta kami juga berharap kegiatan ini dapat mengedukasi dan bermanfaat bagi masyarakat khususnya di Provinsi Lampung.