Pengalaman Kuliah di Jurusan Ilmu Komunikasi UTB Lampung

Halo Teman-teman, kali ini aku kembali dengan tulisan tentang tempat kuliahku. Sejujurnya aku sendiri tidak tahu sama sekali tentang jurusan ini hingga pada saatnya aku daftar di Universitas Tulang Bawang Lampung. Ilmu Komunikasi UTB. Sejenak aku berpikir, “Wah, ternyata di Universitas Tulang Bawang Lampung ada jurusan Ilmu Komunikasi nya!” Maklum tahunya juga kalau Ilmu Komunikasi itu adanya di Universitas sebelah.

Apakah kalian juga kaya gitu? Baru tahu juga kalau UTB sekarang ada jurusan Ilmu Komunikasi? Terus apa yang wajib diketahui tentang jurusan Ilmu Komunikasi di sana? Atau kalian hanya sekedar bingung, kalau masuk Ilmu Komunikasi UTB? gimana sih cara daftar ulangnya? Capek gak sih kuliah di sana?

Untuk menjawab pertanyaan pertanyaan di atas, simak baik-baik yuk sedikit pengalaman aku tentang jurusan yang paling dicari kaum milenial ini! ini bener-bener dari awal sampai sekarang saya sudah lulus.

Pada awalnya saat keterima lewat tes langsung di kampus UTB dan alhamdulilah dapet beasiswa bidikmisi juga, aku sempet bingung. Soalnya, aku gak tahu sama sekali tentang UTB atau pun jurusan Ilmu Komunikasi-nya. Terus, aku diajak lah keliling UTB sama keluarga untuk lihat gedung gedung yang ada disana!

Nih Penampakan Kampus UTB Lampung:

Gedung Kampus UTB Bandar Lampung

Jurusan Ilmu Komunikasi sendiri ada di gedung tingkat 2 (waktu saya kuliah ya), atau yang biasa di sebut Gedung Fisip (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik). Pas pertama masuk, sekitar tahun 2014, ruang kelas untuk Jurusan Ilmu Komunikasi itu ada di lantai dua gedung A4 kalo gak salah. sudah lupa sih.

DAFTAR ULANG

Pada hari pertama banget registrasi, mahasiswa baru disuruh ke tempat yang namanya PMB atau Penerimaan Mahasiswa Baru . Pada proses daftar ulang, jangan lupa bawa map untuk menyimpan kertas-kertas penting kalian (sebetulnya tidak pakai map juga tidak apa-apa, hanya biar lebih rapih).

Setelah kalian menyelesaikan daftar ulang, kalian bakal disambut oleh para kaka tingkat. Terus kalian akan diajak ke Fisip, untuk dikenalkan sedikit (ya, sedikit banget) tentang apa itu Ilmu Komunikasi UTB, dan juga mengenai Himpunan Mahasiswanya. Jadi semangat ya, kalian itu bakal pulang sore, ga seperti yang kalian duga!

MASA ORIENTASI KAMPUS

UTB memiliki nama untuk masa orientasi kampusnya, yaitu OSPEK (Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus). Mungkin tahun-tahun yang akan datang akan ada perubahan, namun dari awal saya masuk hingga tahun ini, namanya masih tetap. Disini kalian akan dikenalkan tentang UTB, dan apa saja yang ada di dalamnya. Oh ya! Kalian juga bisa klik disini untuk lihat situs UTB.

Pada hari kedua OSPEK, mahasiswa baru akan di bawa ke jurusan masing-masing untuk mendapatkan sambutan dari ketua departemen dan juga dosen-dosen Ilmu Komunikasi. Intinya hari dimana kalian mengenal lebih jauh lagi tentang Ilmu Komunikasi.

Aku tahu capeknya OSPEK, tapi kalian harus tetap semangat untuk terus ngikutin sampai selesai. Anggaplah ini salah satu ujian kecil kehidupan, hehehe.

KULIAH DI ILMU KOMUNIKASI UTB Lampung

Ilmu Komunikasi UTB sendiri, termasuk jurusan yang lama, dan sekedar informasi.

Berat gak sih kuliah di Ilmu Komunikasi, kalau sudah passion sih rasanya gak akan berat. Kalian bakal bertemu banyak orang baru, baik itu teman satu jurusan, satu kampus, bahkan kalian bisa bertemu dengan orang terkenal sekali pun. Kalian juga bakal dating ke tempat-tempat menarik, asing dan unik. Asik kan?

Terus belajarnya apa? Kalian bakal dituntut untuk bisa menulis, menulis, dan menulis. Kenapa? Karena, itu salah satu modal kalian untuk menjadi seorang Humas, Jurnalis, ataupun Broadcaster. Selain menulis, kalian juga dituntut untuk menjadi mahasiswa yang kreatif, namun tetap kritis. Mahasiswa yang bisa menilai fenomena yang terjadi dalam masyarakat dan mampu mengemasnya dengan menarik, baik lewat tulisan, maupun video.

Salah satu hasil aku kuliah di jurusan ilmu komunikasi UTB lampung adalah menjadi seorang content creator, sebagai blogger aku sangat bersukur, karena banyak hal berkaitan dengan tulis menulis dan semua telah saya pelajari di saat aku kuliah. jadi semua ada manfaatnya.

Baca Juga Nih! : Materi Belajar Menjadi Blogger Terbaru [Modul Lengkap]

Bagi kalian yang kaum milenial tentunya tahu kalau dizaman yang semakin modern ini kita akan dituntut untuk bisa mengenal teknologi komunikasi terkini. apalagi sekarang sedang pandemi, peluang menjadi content creator sangat menjanjikan. semua serba online. yuk kuliah di jurusan Ilmu Komunikasi dan tingkatkan Passion-mu disini!

Mau tau apalagi sih tentang Ilmu Komunikasi UTB? Bisa dong tinggalin pesan-pesannya di kolom komentar