Materi Belajar Blogger Via Platform Blogspot Terbaru 2021

Jayapurnama.com – Sebelumnya saya mohon maaf kalau masih banyak kata yang kurang mudah dipahami pada artikel kali ini.

Namun dari dalam hati paling dalam saya hanya ingin berbagi pengalaman ngeblog menggunakan platform blogspot yang disediakan oleh google.

Bukan niat mau menggurui atau sok tahu, namun apa yang saya tulis di artikel tentang cara menjadi blogger di tahun 2021 ini real berdasarkan pengalaman pribadi saya.

Semoga dengan artikel yang berisi materi belajar ngeblog dapat menambah wawasan kita semua, dan sukses bersama-sama dalam dunia online blogger ini.

Sebelum beranjak jauh ke cara ngeblog, ada baiknya kita tahu dulu apa itu bogger?

☑ Pengertian Blogger

Blogger adalah orang yang membuat blog dan mengelola sebuah blog dengan tujuan membagikan pandangan mereka serta perspektif mereka kepada pembaca dengan tujuan pribadi maupun bisnis.

Adapun pembahasan yang disampaikan bisa beragam, baik dari pengalaman pribadi, cerita harian ataupun tentang informasi lainnya yang bermanfaat untuk banyak orang.

☑ Pengertian Blog

Nah, kalau diatas pengertian blogger, sedangkan pengertian blog sendiri adalah sebuah jurnal online yang berisi informasi bermanfaat yang ditulis oleh seorang blogger.

Sebelum kalian beranjak untuk menjadi blogger, saya harap kalian tahu apa tujuan kalian terjun ke dunia blogger. Karena jika kalian hanya berharap mendapatkan penghasilan menjadi blogger maka hal itu tidaklah tepat.

Karena blogger sejati adalah blogger yang benar-benar berniat untuk membagikan informasi yang bermanfaat kepada audience – nya. Penghasilan adalah bonusnya.

Silahkan kalian persiapan beberapa hal berikut ini sebelum menjadi seorang blogger.

☑ Persiapan Menjadi Blogger

Sebelum ngeblog, kalian harus menyiapkan beberpa hal berikut ini:

1. Melihat Potensi Diri

Saat ingin menjadi blogger, tentu kalian sudah ada bayangan apa yang akan kalian bahas di dalam blog kalian, hal ini sangat penting bagi seorang blogger, karena dengan mengenali potensi diri maka kalian akan lebih mudah dalam menjalankan aktifitas blogger.

Potensi diri yang saya maksud disini adalah kelebihan kalian, apa sih kelebihan diri kalian dan apakah kelebihan kalian dibutuhkan oleh orang lain, karena seorang blogger harus bisa menyajikan informasi yang unik dan bermanfaat bagi pembaca.

Mulai dari sekarang, mari pelajari bakat diri dan passion-mu. Sehingga nanti kalian bisa menentukan di topik (Niche) blog apa yang cocok untuk kalian bahas.

2. Menentukan Niche Blog

Niche atau Topik pembahasan untuk blog yang efektif adalah memanfaatkan kelebihan dan hobby penulis, jadi penulis tidak akan bosan dan kehabisan materi untuk menulis artikel di blognya. contoh: Kalian Hobby Traveling, maka manfaat informasi traveling untuk jadi topik pembahasan di blogmu.

3. Jenis, Kelebihan dan Kekurangan Blog

Menurut yang admin ketahui, ada beberapa jenis blog, namun yang akan admin bahas adalah jenis blog 1 Niche dan Blog lebih dari satu niche atau biasa disebut blog gado-gado. Apa sih perbedaan, kelebihan dan kekurangannya.

▶ Blog 1 Niche

Blog satu niche atau fokus ke satu topik pembahasan adalah blog yang menyajikan artikel hanya di ruang lingkup khusus di pembahasan itu-itu saja.

NB: Blog satu Niche disarankan untuk Profesional atau Orang memiliki keahlian khusus

Misal, kamu seorang blogger yang hobby beternak ayam, maka di dalam artikel kamu hanya akan membahas seputar ayam saja. Dan tidak akan membahas topik diluar ayam.

Apa kelebihan dan kekurangan Blog 1 Niche?

Kelebihan Blog 1 Niche

  • Personal Branding : jika menggunakan blog 1 niche maka kalian dianggap ahli atau profesional dibidang pembahasan mu, secara tidak langsung akan menaikkan personal brandingmu.
  • Mudah menjadi situs otoritas: dengan satu topik pembahasan tentu penargetan audience sangat efektif, sehingga google akan memilih blogmu untuk ditampilkan dimesin pencarian jika dihadapkan persaingan dengan blog gado-gado.
  • Mudah dikelola: Tentu saja blog dengan satu topik akan lebih mudah dikelola dan dinavigasi, sehingga pengunjung juga akan betah untuk berselancar di dalam blogmu.
  • Mudah untuk Bisnis : jika kalian memiliki jiwa bisnis bisa memanfaatkan blogmu untuk menjual produk yang berkaitan dengan topik pembahasan artikel.
  • Lebih mudah diterima AdSense
  • Penghasilan stabil (Jika sudah ada Adsense)

Kekurangan Blog 1 Niche

  • Sering Kehabisan Topik Pembahasan: blog dengan satu niche tentu harus benar-benar dipikirkan secara mendalam. Karena jika kalian tidak memiliki keahlian di topik tersebut malah akan membuat mu pusing dan gagal sebelum mencapai kesuksesan.

▶ Blog Gado-Gado

Blog dengan topik lebih dari satu adalah blog yang paling mudah untuk dibuat dan dikelola, karena kalian bebas untuk menentukan topik apa saja yang akan kalian Bahas.  

NB: Blog Topik Gado-Gado sangat direkomendasikan untuk pemula yang tidak memiliki keahlian khusus di bidang tertentu.  Semua topik atau niche bisa kalian bahas didalam blog Gado-Gado. Asal itu bermanfaat dan bisa menambah wawasan semua orang.   

Apa kelebihan dan kekurangan Blog Gado-Gado?

Kelebihan Blog Gado-Gado

  • Bebas menulis Niche apapun: disini kalian bebas menulis topik apapun asal tidak melanggar aturan google.
  • Lebih mudah menemukan ide menulis: dengan topik bebas, kalian tentu memiliki banyak potensi ide menulis yang tidak terbatas. Jadi tidak terlalu pusing dengan ide menulis.

Kekurangan Blog Gado-Gado

  • Susah bersaing dengan Blog 1 Niche: google pasti lebih memilih blog dengan penargetan yang efektif, jadi blog Gado-Gado lebih susah bersaing di mesin pencarian dengan kata kunci pencarian tinggi.
  • Susah membangun personal Branding: blog dengan membahas banyak topik tentu dianggap biasa aja dan dianggap sebagai blogger biasa karena tidak memiliki keahlian khusus.
  • Susah untuk bisnis: jika ingin berbisnis dengan memanfaatkan blog Gado-Gado dianggap kurang efektif. Misalt ingin menjual produk.
  • Lebih susah diterima adsense: berdasarkan pengalaman pribadi, blog Gado-Gado susah untuk diterima adsense, karena target pengiklan tidak sesuai dengan artikel yang ada di blog.
  • Penghasilan adsense kurang stabil (Jika sudah ada adsense) : biasanya berkaitsn dengan CPC yang kecil. Karena iklan tidak tertaget dengan baik.

Jika sudah menemukan topik pembahasan apa yang ingin kalian bagikan di blog kalian nanti, sekarang lanjut ke pembuatan blog dengan platform blogspot.

Tahapan Membuat Blog

Baiklah, sekarang saya lanjutkan materinya ke tahap pembuatan blog, setelah kalian sudah mendapatkan pandangan ingin menulis blog dengan niche seperti apa, prospeknya sudah jelas. Ikuti tutorialnya step by step ya.  

Nb: Tutorial ini saya sajikan dengan menggunakan smartphone ya.. Jadi lebih simple.. Soalnya gak punya laptop gan.

☑ Cara Membuat Blog

  • Buka link Blogger di https://www.blogger.com
  • Selanjutnya login menggunakan akun google kalian masing-masing.
  • Masukkan Nama Blog yang ingin kamu buat, misal blog admin “Jaya Purnama”
  • Selanjutnya klik “Berikutnya”
  • Masukkan URL untuk blog kamu, usahakan buat URL sesuai dengan nama blogmu, misalnya “jayapurnama” Tanpa spasi. (Biasanya nama URL bisa telah dipakai pengguna lain, jadi kamu bisa buat yang unik dan belum terpakai)
  • Selanjutnya klik “berikutnya”
  • Masukkan Nama Tampilan kamu, usahakan nama asli, biar terbaca sebagai penulis artikel dan lebih profesional.
  • Selanjutnya klik “Selesai”
  • Sampai disini kalian sudah berhasil membuat blog dengan platform blogger.com (blogspot)

Baca Juga: Cara Membuat Blog dengan Domain Sendiri (TLD)

▶ Cara Setting Blog

Setelah kalian memilik blog sendiri, langkah awal untuk memulai adalah dengan melengkapi beberapa pengaturan yang wajib dilakukan. Berikut ini setting blog yang baik dan benar.

  • Mengisi Deskripsi Blog : isi dengan deskripsi tentang blog (misal: media berbagi informasi seputar ternak ayam) maks. 500 kata.
  • Membuat Favicon : upload icon format .png dengan ukuran bujur sangkar (50×50) tidak lebih dari 100 kb
  • Setting Zona Waktu : Ubah zona waktu menjadi Jakarta (WIB GMT +07:00)
  • Mengaktifkan Tag Meta : Silahkan aktifkan Tag Meta dan Masukkan saja Deskripsi blog kalian disini)

Untuk setting diatas silahkan ikuti tutorialnya dibawah ini:

  • Buka Blogger
  • Klik Menu pojok kiri atas
  • Selanjutnya gulir kebawah dan pilih Setting
  • Selanjutnya kalian bisa mengubah pengaturan yang diperlukan.

▶ Membuat Halaman Statis

Setelah setting pengaturan diatas, sekarang lanjut ke bagian atribut blog yang biasa disebut dengan halaman statis.

Apa saja yang dibutuhkan blog untuk menu halaman statis?  

Berdasarkan pengalaman saya, Halaman blog atau halaman statis sangat berguna untuk dibuat diawal blog, karena dihalaman statis inilah kita dapat mengenalkan blog kita kepada calon audience.  

Halaman statis ini biasanya berisi About Me, Contact Me, Privacy Policy, Disclaimer dan Sitemap.

➡ Cara Membuat Halaman Statis

  • Buka Blogger
  • Klik Menu pojok kiri atas
  • Selanjutnya Pilih “Halaman”
  • Lalu kalian bisa klik “Ikon Tambah” untuk membuat halaman baru.
  • Masukkan Judul dengan “About Me” tanpa tanda petik. (Usahakan isi judul dulu baru ke bagian isi deskripsi, karena url halaman statis akan otomatis menyimpan)
  • Jelaskan tentang blog kalian di bagian isi, untuk melihat contoh bisa kalian lihat blog ini di bagian menu.
  • Selanjutnya simpan dan publikasikan
Nb: Lakukan langkah seperti diatas untuk menambah halaman lainnya seperti contact, privacy policy, disclaimer, dan sitemap.   

Silahkan Cek Contoh Halaman Statis Berikut ini:

About Me, Contact (Kalian bisa menampilkan email sebagai kontak di halaman) atau cek disini Kode HTML nya, untuk halaman privacy policy dan Disclaimer kalian bisa menyalin saja dari situs Ruangojol.com namun nama URL blognya wajib diganti dengan URL blog kalian. Khusus halaman sitemap kalian bisa cek disini kode HTML nya.

Jika sudah menyiapkan dan membuat ke 5 halaman statis diatas. Sekarang kita lanjut ke bagian tampilan blog.

☑ Setting Tampilan Blog

Dibagian setting template ini admin tidak akan mengulas secara detail, karena sekarang sudah banyak sekali tersedia template blog yang sudah disetting untuk keperluan blog guna mendukung update google ditahun 2021, seperti kecepatan loading blog, tampilan seo friendly, Responsif dan setting lainnya.  

Namun admin akan memberikan sedikit bocoran untuk template yang direkomendasi untuk digunakan bagi blogger pemula.   Kalian bisa menggunakan beberapa referensi berikut ini.  

  • Template Gratis: Textrime punya mba Igniel
  • Template Premium Berbayar: Viomagz, Link Magz, dll punya Mas Sugeng.  

Sebenarnya masih banyak template gratis dan premium lainnya yang dapat kalian dapatkan di Google. Silahkan kalian cari sendiri ya.   Admin akan menjelaskan cara menginstall template di blog yang baik dan benar.

▶ Cara Install Template Blog

Dalam hal ini, metode install template blog memiliki 2 cara yaitu melalui Upload File dan melalui Edit HTML. Untuk lebih jelasnya lihat tutorial di bawah ini.

➡ Metode Upload File

Metode yang pertama ini paling mudah, namun tidak direkomendasikan untuk beberapa template premium. (Karena dapat merusak struktur html template)   Langkahnya:

  • Buka Blogger
  • Masuk ke menu “Tema”
  • Lalu klik Tanda Panah ke Bawah dan Klik “Pulihkan”
  • Selanjutnya pilih template yang sudah kalian download sebelumnya
  • Terakhir klik simpan

➡ Metode Edit HTML

Metode ini sangat direkomendasikan oleh para pembuat template, karena dengan metode ini hasil install akan lebih sempurna dan maksimal.   Langkahnya

  • Buka Blogger
  • Masuk ke menu “Tema”
  • Lalu klik Tanda Panah ke Bawah dan Klik “Edit HTML”
  • Lalu CTRL + A dan klik delete
  • Selanjutnya pilih template yang sudah kalian download sebelumnya
  • Buka template (Format .xml/.txt) dengan Notepade jika di dekstop, jika di smartphone bisa gunakan aplikasi Quoda atau aplikasi lainnya.
  • Lalu copy kode html template tersebut dan paste ke bagian edit HTML.
  • Terakhir klik simpan
  • Selesai.

Silahkan cek tampilan blog kalian, maka secara otomatis kalian sudah berhasil menginstall template di blog kalian.   Untuk mengedit template kalian bisa ikuti tutorial dokumentasi yang disediakan oleh pihak pembuat template yang bersangkutan.  

NB: Pilih template blog yang tidak menggunakan submenu, jadi lebih simple dan mudah dibaca navigasinya oleh google.

Pastikan kalian membuat menu homepage dengan menggunakan Label atau Kategori Artikel.  

☑ Cara Membuat Artikel

Setelah kalian mengatur semua tampilan blog, maka langkah selanjutnya adalah membuat artikel di blog yang baik dan benar.   Membuat artikel merupakan hal yang paling inti dan penting bagi seorang blogger. Karena tugas utama yang dilakukan oleh blogger adalah membuat artikel.

Langkahnya:

  • Buka blogger
  • Klik menu pojok kanan atas
  • Lalu klik “Postingan Baru”
  • Silahkan kalian masukkan judul artikel
  • Selanjutnya masukkan isi artikel.
  • Jangan lupa wajib upload gambar minimal 1 di setiap artikel. (setting gambar dengan ukuran asli dan masukkan alt dan deskripsi)
  • Jika sudah, kalian bisa langsung setting artikel kalian dengan klik icon pengaturan dibagian kanan
  • Selanjutnya tambahkan Label/Kategori (Silahkan buat label artikel kalian, contoh; Peternakan / Bisnis / Politik) jika artikel memiliki lebih dari satu lebel maka pisahkan dengan koma.
  • Mengedit waktu publish (Pilih Otomatis)
  • Edit permalink (buat permalink sendiri) pisahkan dengan strip (-) untuk antar kata, dan usahakan jangan lebih dari 5 kata. Contoh (cara-daftar-pns-di-jakart)
  • Selanjutnya masukkan deskripsi artikel (Masukkan Deskripsi dengan keyword atau kata kunci artikel) tidak lebih dari 150 kata.
  • Terakhir klik simpan dan Publikasikan.
  • Selesai.

Baca Selengkapnya: Cara Membuat Artikel Blog yang disukai oleh Pembaca maupun Google

Okelah.. Lanjut ke fitur dan tools edit artikel atau postingan.

▶ Fitur dan Tools Edit Artikel Blog

Untuk fitur editor di dashboard blog kalian bisa belajar secara mandiri ya, soalnya kalau mau dijelaskan satu persatu agaknya rumit sekali.   Intinya fitur yang tersedia di menu edit artikel ini akan sangat membantu teman-teman dalam memperbaiki penulisan.  

Fitur tidak jauh berbeda dari menu tools yang ada di Microsoft word, jadi mohon dipelajari sendiri ya. Terimakasih   Admin akan langsung ke pendaftaran google search console yak😁

☑ Daftar Google Search Console

Mengapa harus daftar Google Search Console? Karena situs atau blog kalian harus ke index di pencarian google dong, emang rela punya blog tapi tidak kedeteksi oleh google? Kan percuma sekali rasanya.   Baiklah langsung saja kita ketahap pendaftaran google webmaster tools.

  • Buka https://search.google.com/search-console/
  • Lalu Klik “Mulai/Star”
  • Selanjutnya masukkan URL blog kalian di kolomnya lalu klik “Terus”
  • Situs kalian akan otomatis terverifikasi jika email blog dan email google search console sama.
  • Selesai

  Jika sudah, sekarang lanjut ke setting google search console

▶ Setting Google Search Console

  • Klik menu Pojok kanan atas
  • Klik “Peta Situs”
  • Selanjutnya masukkan peta situs dengan Format URL dilanjutkan dengan /sitemap.xml (https://namablog.blogspot.com/sitemap.xml)
  • Terakhir submit
  • Selesai

Setiap kalian membuat artikel baru, kalian wajib submit artikel di search console. Berikut ini caranya.

▶ Cara Submit Artikel / Inspeksi URL

  • Copy URL artikel terbaru kalian
  • Buka Search Console
  • Klik menu Inspeksi URL dan masukkan URL artikel yang kalian copy sebelumnya lalu tekan enter
  • Tunggu sampai loading selesai.
  • Jika sudah, silahkan klik “Minta Pengindeksan”
  • Selesai

Jika sudah, kalian menuju ke pendaftaran google analytics, karena manfaat dari layanan ini sangat penting untuk kemajuan blog.

☑ Daftar Google Analytics

Di tahap ini kalian mendaftar google analytics yang disediakan oleh google. Apa itu google analytics?   Yuk kita pahami dulu pengertian google analytics sebelum ke proses pendaftaran.

▶ Google Analytics dan Manfaatnya

Google Analytics adalah tool wajib bagi pemilik website. Dengan menginstall Google Analytics di website, Anda bisa dengan mudah memantau trafik web. Platform ini juga menyediakan berbagai data soal performa sebuah situs. Mulai dari dari mana sumber trafik, data demografi pengunjung, konten populer, dan lain-lain.   Untuk kalian yang ingin mendaftarkan blog atau situs ke Google Analytics silahkan cek disini.    

Baca Sekarang: Cara Mendaftarkan Blog atau Situs di Google Analytics Terbaru 2021

☑ Daftar Google AdSense

Untuk kalian yang sudah memiliki blog dan sudah cukup memenuhi syarat bergabung menjadi publisher adsense, silahkan ikuti tutorial lengkapnya disini ya 👍    

Baca sekarang: Panduan Lengkap Daftar Google Adsense untuk Konten Blog Terbaru 2021

☑ Kesimpulan dan Penutup

Dari apa yang saya tulis dapat disimpulkan bahwa proses ingin menjadi seorang blogger tidaklah mudah. Karena kalian perlu mengetahui dulu apa potensi yang ada didalam diri kalian.  

Jika tujuannya hanya ingin berbagi pengalaman maka kalian bisa memilih jenis blog gado-gado, namun jika kalian seorang profesional atau memiliki keahlian khusus bisa pilih jenis blog yang satu niche.  

Baca Juga: Kode Referral Undangan TikTok Lite Terbaru 2021 | Dapatkan 50rb

Kembali lagi ke kalian, mau pilih yang mana, jika kalian bersungguh-sungguh dalam menjalankan sebuah aktifitas maka hasilnya tidak akan mengecewakan.  

Demikian pembahasan yang dapat admin sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Salam sukses blogger Indonesia.