Jayapurnama.com

Karang Taruna Desa Sidosari Focus Group Discussion (FGD) tentang : fungsi hukum dalam kehidupan bermasyarakat


Dalam rangka mengedukasi pemuda desa agar mengerti fungsi hukum dalam kehidupan bermasyarakat, Karang taruna desa sidosari bekerja sama dengan Legal Education Course Lampung. Salah satu rangkaian kegiatan adalah Focus Group Discussion (FGD) yang dilaksanakan di aula balai desa sidosari.

Fungsi hukum sebagai sarana untuk mewujudkan keadilan sosial, kenyataan nya dalam kehidupan masyarakat, telah terjadi pergeseran dalam tatanan nilai dan budaya, pengabdian atas nilai kejujuran, semakin menipisnya budaya malu, juga hilang kepercayaan terhadap hukum dan penegak hukum.

Dalam sambutan nya Novendri selaku ketua karang taruna desa sidosari, kami berharap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat terkhusus pemudanya agar dapat melek terhadap hukum, karena sejatinya hukum dibuat untuk mengontrol prilaku kehidupan bermasyarakat.

Hadir sebagai narasumber Focus Group Discussion Ikhsan Martua Siregar, S.H selaku Direktur Eksekutif Legal Education Course menyampaikan paparan terkait Fungsi Hukum Dalam Kehidupan Bermasyarakat, dalam suatu masyarakat terdapat aspek positif dan negatif dari suatu gaya pemerintahan yang superaktif, perlu dipertegas bahwa hukum tidak dapat dipisahkan dari masyarakat, yang perlu dipahami adalah fungsi hukum menurut filsafat kita yakni hukum berfungsi untuk melindungi masyarakat kita, bukan memerintahkan begitu saja.

Hukum juga seharusnya dari rakyat dan bersifat kerakyatan serta menempatkan hukum dalam konteks sosialnya yang lebih besar. Untuk itu seharusnya ada keterlibatan dari elemen masyarakat dalam pengambilan keputusan.


Hadir juga ditengah – tengah kegiatan tersebut tamu undangan dan perangkat desa :

  1. Sekretaris desa sidosari
  2. BPD desa sidosari
  3. Babinsa desa sidosari

Di mana ada masyarakat di sana ada hukum (ubi societas ibi ius).