Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Mengganti Kampas Rem Motor?

Mengganti Kampas Rem

Sebagai pemilik dan pengendara sepeda motor Suzuki tentu saja anda harus tahu tanda kampas rem motor perlu diganti agar jangan sampai telat melakukan pergantian.

Sebab rem adalah salah satu komponen yang paling penting dan wajib anda perhatikan setiap saat secara berkala. Rem motor yang kurang baik tentu saja bisa mempengaruhi keselamatan anda selama berkendara di jalanan.

Untuk itu, agar anda tetap merasa nyaman selama berkendara di jalanan lebih baik untuk melakukan pengecekan terhadap kondisi dari kampas rem. Termasuk juga mengetahui apa saja tanda kampas rem motor perlu diganti.

Waktu Mengganti Kampas Rem

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Mengganti Kampas Rem Motor?

Kampas rem adalah komponen penting dari ban sepeda motor yang harus diperhatikan agar jangan sampai tipis. Jika ternyata kampas rem sudah mulai tipis, tentu saja anda harus segera menggantinya dengan kampas rem yang baru.

Jika anda tidak memperhatikan dan mengecek secara berkala kondisi dari kampas rem motor, tentu saja fungsi dari kampas rem tersebut untuk menghentikan laju dari kendaraan tidak bisa berfungsi dengan normal.

Sebenarnya penggantian kampas rem ini tidak bisa anda tentukan secara pasti, anda juga tidak bisa menentukan interval waktu pemakaian dan penggantian kampas rem.

Namun anda bisa mengetahuinya melalui tanda kampas rem motor Suzuki perlu diganti yang sudah saya jelaskan di bawah ini.

Kampas Rem Berdecit Saat Digunakan

Tanda pertama yang bisa anda rasakan ketika kampas rem sudah perlu diganti adalah terdengar suara berdecit ketika anda mengerem kendaraan. Apakah anda sudah sering mendengar bunyi suara yang berdecit ketika mengerem kendaraan?

Perlu anda ketahui jika bunyi berdecit tersebut dihasilkan dari suara gesekan besi atau logam. Hal ini karena kampas rem yang sudah habis tentu saja akan menyisakan bagian besinya saja sehingga bukan karet yang bergesekan dengan besi, melainkan besi dengan besi.

Jika anda sudah sering mendengarkan suara berdecit ketika menekan rem, kemungkinan besar sudah waktunya anda melakukan pergantian terhadap kampas rem kendaraan.

Handle Rem Bergetar Ketika Digunakan

Tanda berikutnya yang menunjukan bahwa anda harus segera melakukan pergantian terhadap kampas rem adalah terasa getaran ketika anda menggunakan handle rem. Jadi bukan hanya suara berdecit saja yang menjadi ciri dari kampas rem motor habis, namun handle rem juga akan bergetar ketika ditarik.

Biasanya hal ini terjadi karena bagian kampas rem yang mulai habis sehingga menyebabkan permukaan karet yang tidak rata. Akhirnya piringan cakram rem jadi tidak dapat mencengkeram dengan erat dan sempurna sehingga timbulah getaran yang dapat dirasakan ketika anda menarik handle rem.

Handle Rem Harus Ditarik Terlalu Dalam

Pada dasarnya jika kampas rem masih sehat dan bisa digunakan, anda tidak perlu menarik handle rem terlalu dalam jika menggunakannya. Namun saat kampas rem sudah mulai habis, tentu saja anda harus menarik handle rem lebih dalam untuk melakukan pengereman yang maksimal.

Hal ini karena karet dari kampas rem yang seharusnya masih tebal, cukup dengan menarik secara perlahan saja sudah cukup untuk menghentikan laju kendaraan. Tapi karena kampas rem yang sudah mulai tipis sehingga dibutuhkan kerja ekstra untuk bisa menghentikan laju kendaraan.

Selain itu rem tromol sendiri juga mempunyai pegas pengembali. Jadi sejauh apa piston dari kendaraan bergerak, tentu saja akan kembali lagi ke posisi semula. Jika kampas rem tebal, tentu saja pergerakan dari piston atau handle hanya membutuhkan tenaga sedikit.

Sementara jika kampas rem sudah tipis dan perlu diganti tentu saja membutuhkan tenaga ekstra untuk melakukan pengereman.

Pengereman Tidak Sempurna

Tanda kampas rem perlu diganti yang terakhir adalah pengereman kendaraan menjadi tidak sempurna. Rem yang sudah tidak bisa menahan laju kendaraan secara sempurna tentu saja menjadi tanda yang paling terasa bahwa kampas rem sudah tipis dan mulai habis.

Hal ini karena proses penekanan dari kampas terhadap piringan yang sudah tidak rata menyebabkan proses pengereman menjadi tidak bisa sempurna lagi. Luas dari penampang rem yang menjadi kecil juga berpengaruh terhadap tenaga pengereman yang berkurang.

🔥 👉   MT Al Ikhlas Babussalam, UBL dan ACT Bandar Lampung adakan Santunan Anak Yatim