Kabar Duka! Baru Sehari Bekerja, PMI Turki Meninggal Dunia

Baru Sehari Bekerja, PMI Turki Meninggal Dunia

Jayapurnama.com – Berita duka kembali datang dari seorang pekerja migran Indonesia (PMI) yang bekerja di Istanbul, Turki. Baru bekerja satu hari, Masripah (36) meninggal dunia karena positif COVID-19. Perempuan asal Kabupaten Indramayu, Jawa Barat ini berangkat ke Turki secara illegal pada 10 Juli 2021 lalu.

Setelah mendengar berita duka tersebut, pihak keluarga langsung melaporkannya kepada Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) cabang Indramayu, Jawa Barat. Pasalnya ketika menyampaikan kabar duka tersebut kepada pihak keluarga, perekrut mengatakan jika penyebab Masripah meninggal dunia adalah karena santet atau guna-guna.

Pihak SBMI akhirnya melakukan konfirmasi langsung kepada pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Turki perihal meninggalnya Masripah. Terlebih lagi, keberangkatan almarhumah ke Turki yang ilegal serta tidak berdasarkan prosedur karena pada saat itu Indonesia tengah menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Berita tersebut tidak benar. Masripah meninggal dunia karena positif COVID-19, bukan karena santet atau guna-guna,” ujar Ketua SBMI Cabang Indramayu, Juwarih.

Menurut keterangan keluarga, almarhumah berangkat dari rumah dalam kondisi yang sehat. Pihak keluarga juga meminta bantuan kepada SBMI Indramayu agar jenazah Masripah dapat dipulangkan ke tanah air.