Kabar Baik! Harga Turun, Kini Biaya Tes PCR Di Taiwan Lebih Terjangkau!

Tes PCR Taiwan lebih Murah


Jayapurnama.com – Tes PCR COVID-19 di Taiwan kini turun harga. Hal ini menyusul terkait banyaknya keluhan tingginya perbandingan harga layanan tes reaksi berantai polimerase (PCR) terhadap pendatang asing dengan penduduk lokal Taiwan.

Pada Minggu (27/6/2021) Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan telah merilis penurunan biaya tes PCR dari standard harga NTD 5.000 menjadi NTD 3.500 dengan hasil yang siap dalam 48 jam. Sedangkan untuk tes cepat dengan hasil yang siap pada hari yang sama, menurut Pusat Komando Epidemi Sentral Taiwan (CECC), biayanya turun dari NTD 7.000 menjadi NTD 4.500.

Saat ini rumah sakit yang dioperasikan di bawah sistem militer dan veteran telah mengikuti penurunan biaya PCR, termasuk Rumah Sakit Umum Veteran Taipei dan Rumah Sakit Umum Tri-Layanan. Mulai Senin, tes PCR reguler dan cepat di institusi medis ini masing-masing akan menelan biaya NTD 3.500 – NTD 4.500.

Sementara itu penurunan harga tes COVID-19 ini juga membantu meringankan beban para pekerja migran Indonesia (PMI) yang akan pulang ke tanah air, serta para pendatang asing yang diharuskan melakukan tes PCR berbayar sendiri dengan tujuan untuk bekerja, belajar atau tujuan lainnya di Taiwan.