Jembatan di Dusun Lebung Pitis Kampung Kota Dewa Kecamatan Bahuga Ambruk!

Jembatan penghubung antara dua provinsi di perbatasan ini merupakan infrastruktur penting yang harus diperhatikan dan dijaga secara bersama-sama. Yah, tepatnya di dusun Lebung Pitis kampung Kota Dewa kecamatan Bahuga, Way Kanan.

Dari tahun 2011 sejak pertama kalinya saya menginjakkan kaki di desa sebelah yaitu banjar rejo yang merupakan wilayah perbatasan yang masih masuk daerah Sumatera selatan. Dari dahulu, perbaikan jembatan di lebung pitis sudah sering kali dilakukan. Mulai dari perbaikan menggunakan bahan baku seadanya dan juga pernah dibangun dengan jembatan cor. Namun apalah daya, karena faktor keadaan yang tidak mendukung sehingga jembatan disini tidak bertahan lama.

Terakhir kali saya pulang kampung di tanggal 2 februari 2021, alhamdulillah jembatan makin parah, hanya menggunakan bahan kayu yang reyot dan kalau dilewati rasanya kayak sedang ujicoba.. Gimana enggak, goyang sana sini, bahkan banyak lubang dan hanya ditambal alakadarnya dengan papan dan kayu.

Jika kalian ingin melihat penampakan jembatan disini ntar saya kasih tau yah, soalnya bukan apa-apa, jembatan ini merupakan infrastruktur yang penting bagi masyarakat di lebung pitis dan juga desa Banjarejo. Tapi jujur saja, di 2 desa ini masyarakat nya begitu kompak dan antusias dalam mengatasi kendala dengan jembatan. Bahkan sudah berapa kali masyarakat dari desa banjarejo bekerjasama dengan masyarakat lebung pitis untuk membangun jembatan di desa ini.

Pembangunan jembatan sementara Masyarakat banjarejo dan lebung pitis (12 november 2019)

Bukan tidak kebetulan, karena memang masyarakat banjar rejo juga membutuhkan Jembatan ini guna memperlancar pertanian di desa lebung pitis, bahuga, way kanan ini. Tidak dipungkiri bahwa persawahan didaerah lebung pitis ini hampir 60-70% pengelolaannya dari desa banjarejo. Sehingga wajar saja mereka sangat mensupport pembangunan jembatan di desa lebung pitis.

Sebelum menulis ini saya juga sudah mencari tahu melalui sosial media, bahwa sebenernya sudah ada pihak dari pemerintahan way kanan yang mengunjungi jembatan ini di 28 januari 2020, melalui akun sosial media karang taruna kota dewa. Katanya sih sudah dikunjungi oleh kepala badan penanggulangan bencana dan kepala dinas PU. Rencananya sudah bakal dibangun nih.. Tapi sampai detik ini belum ada perubahan untuk jembatannya.

Pihak Pemerintah (Dinas penanggulangan Bencana dan Dinas PU) Smber Facebook
Penampakan jembatan Ambruk di tahun 28 Januari 2020

Gak tau kenapa kok lama banget. Padahal dengan jembatan yang bagus akan mempermudah akses jalan untuk masyarakat loh, tolong pemerintah waykanan bantu perbaikan di jembatan lebung pitis ini. Lihatlah perbatasan ini. Karena biar bagaimanapun perbatasan adalah wajah atau Cover dari wilayah terkait, jadi jagalah covernya biar dinilai baik oleh para tetangga dan tamu👌

Sebelumnya saya mohon maaf kalau ada kata yang salah di curhatan saya kali ini. Namun saya tidak bermaksud menyudutkan pihak manapun. Ini hanya sekedar suara perwakilan dari masyarakat terkait untuk dapat didengar oleh pihak pemerintah dan segera dilakukan perbaikan. Terimakasih