Inilah 5 Teknik Promosi Penjualan yang Terbukti Efektif

Jayapurnama.com – Dalam bisnis, promosi bisa digunakan untuk meningkatkan keuntungan dan kuantitas penjualan. Sebelum melakukan promosi yang mengarah ke penjualan, alangkah baiknya jika kamu terlebih dahulu melakukan promosi untuk mengenalkan produk/jasa dan mengedukasi target pasarmu. Jika sudah melakukan hal tersebut, lakukan beberapa teknik promosi penjualan berikut untuk meningkatkan penjualan.

1. Potongan harga

Dalam berjualan, memberikan potongan harga atau diskon merupakan cara yang cukup efektif untuk meningkatkan penjualan. Selain itu, hal ini juga bisa menarik perhatian pembeli baru yang pernah tertarik untuk membeli.

Memberikan potongan harga bisa kamu lakukan secara bulanan maupun tahunan. Tapi, cara yang paling efektif adalah memberikan diskon saat hari-hari besar. Contohnya seperti diskon spesial hari kemerdekaan maupun hari belanja online nasional. Tapi perlu diingat bahwa kamu harus memberi tahu target market 1 minggu sebelum potongan harga berlangsung.

2. Gratis ongkir

Untuk menyasar pasar yang lebih luas lagi, kamu bisa memanfaatkan promo gratis ongkir. Karena, mungkin saja ada beberapa orang yang tertarik untuk membeli, tapi mengurungkan niatnya karena ongkir yang mahal.

Bagi kamu yang berdomisili di luar Jawa, mungkin sudah tahu bahwa biaya ongkir ke luar Jawa itu mahal. Bahkan beberapa tujuan pengiriman dari Jawa memiliki biaya ongkir sampai ratusan ribu. Nah ini merupakan kesempatanmu sebagai pemilik bisnis. Jika harga ongkirnya terlalu mahal, kamu bisa memberikan diskon ongkir 30%, 50%, dan seterusnya.

3. Harga bundle

Memberikan harga bundle sangat efektif sekali untuk meningkatkan kuantitas penjualan. Dengan menggunakan teknik ini, kamu memberikan harga diskon kepada pembeli yang membeli beberapa produk secara langsung. Berikut adalah contoh penggunaan teknik ini.

Misalnya kamu menjual produk fashion berupa kaos, calana, dan sepatu.

  • Kaos: Rp75.000
  • Celana: Rp90.000
  • Sepatu: Rp120.000

Total: Rp285.000

Jika pembeli membeli ketiganya secara langsung, kamu bisa memberikan harga spesial menjadi Rp250.000. Jangan lupa untuk memperhatikan aspek keuntungan saat menggunakan teknik promosi ini.

4. Beli 2 gratis 1

Jika memberikan harga bundle kurang efektif, maka kamu bisa menggunakan teknik yang satu ini. Selain itu, saya pikir teknik ini dinilai lebih efektif daripada teknik promosi yang sebelumnya. Alasannya karena disertai dengan kata β€œgratis”. Pembeli pasti akan lebih tertarik dengan kata tersebut.

Misalnya kamu menjual kaos, celana, dan topi.

  • Kaos: Rp50.000
  • Celana: Rp75.000
  • Topi: Rp30.000

Alih-alih menjual ketiganya dengan harga bundle, kamu bisa menjual 2 barang sekaligus, yaitu Kaos dan Celana + gratis Topi dengan harga yang sama.

5. Memberikan garansi

Kamu pasti sudah familiar dengan hal yang satu ini. Karena, mayoritas perusahaan besar maupun kecil memberikan garansi kepada pembelinya. Tapi, apakah ini efektif?

Memberikan garansi merupakan cara yang cukup efektif untuk meningkatkan kepercayaan costumers. Garansi ini bisa berupa uang kembali maupun garansi ganti baru jika terjadi kerusakan pabrik pada jangka waktu tertentu.

Mungkin saja ada beberapa orang yang tertarik untuk membeli produkmu. Tapi mereka menahan niatnya karena belum terlalu percaya, takut kecewa, dan yang lainnya. Nah dengan adanya garansi ini, orang-orang tersebut bisa lebih meyakinkan niatnya karena ada jaminan garansi penjual.

Nah itulah 5 teknik promosi penjualan yang bisa kamu lakukan dalam bisnismu. Perlu diketahui bahwa menggunakan promosi juga harus memperhatikan keuntungan. Jangan sampai kamu merugi karena terlalu banyak melakukan promosi.