Crypto Itu Investasi Atau Trading ? Simak Penjelasan Berikut Ini !

CRYPTO INVESTASI ATAU TRADING

Jayapurnama.com – Sudah tidak asing lagi di telinga Kita tentang bitcoin dan cryptocurreny. Ini adalah sebuah mata uang virtual yang dapat dipertukarkan atau diperdangangkan.

Bitcoin awal mulanya menjadi pendahulu sebelum semua jenis cryptocurrency bermunculan. Orang yang pertama membuatnya adalah Satoshi Nakamoto dkk yang berasal dari negeri sakura.

Cryptocurrency kini menjadi salah satu bisnis digital yang paling maju di bidang digital, benar-benar tiada tanding.

Dalam data Coinmarketcap sendiri diketahui terdapat ribuan jenis koin crypto dengan volume perdagangan 24 jam mencapai $ 98M.

Mungkin Anda belum melihat total kap pasar, tidak dapat dihitung lagi total aset cryptocurrency karena begitu besarnya.

Masih menjadi pertanyaan sampai saat ini, yaitu mengenai apakah crypto itu investasi atau trading ?

Banyak orang berspekulasi kalau crypto itu lebih dikenal dengan trading perdagangan yang berangsur cepat (trading micro).

Namun pakar crypto sendiri berkata bahwa crypto itu merupakan salah satu aset investasi masa kini.

Untuk mengetahui selengkapnya simak dahulu.

Apa Itu Cryptocurrency ?

Cryptocurrency atau kripto sebagai mata uang adalah koin mata uang digital yang dibuat dari sitem blockchain. Mata uang kripto dikenal pertama kali dalam bentuk bitcoin yaitu induk dari semua cryptocurrency.

Kini cryptocurrency menjadi aset digit yang memiliki kapasitas sangat besar. Pasalnya, Anda dapat menemukan banyak sekali bursa crypto baik di dunia dan manca negara.

Contoh saja beberapa market crypto yang ada di Indonesia seperti Indodax, Tokenomy, Tokocrypto, Triv, dan masih banyak lagi.

Mereka menjadi salah satu pelopor keberadaan crypto di Indonesia supaya masyarakat dapat lebih mengenal apa itu mata uang virtual dan cara menggunakannya.

Pertanyaanya, apakah crypto itu digunakan untuk investasi atau trading ?

Ini satu dari beberapa pertanyaan yang masih sangat janggal di pikiran orang. Untuk tahu jawabannya simak berikut ini.

Ulasan Mengenai Cryptocurrency

Crypto adalah sebuah aset digital dalam bentuk mata uang virtual, untik jenisnya sendiri ada yang namanya koin dan juga ada yang di sebut dengan token.

Keduanya sama yang itu melalui proses ICO (Initial Coin Offering), mungkin jika di Investasi Anda dapat mengenal istilah ini dengan sebutan IPO pada peluncuran saham perdana.

ICO sendiri memiliki arti yang serupa dengan IPO yaitu penawaran perdana. Kojn kripto sebelum meluncur ke bursa perdagangan cryptocurrency perlu melalui proses ICO ini.

Prosesnya sedikit berbeda dengan IPO di investasi saham. ICO akan dikenal yang namanya road map dan whitepaper yang modelnya hampir mirip prospectur dan bookbuilding di proses IPO.

Untuk dapat mengikuti ICO dari sebuah mata uang crypto yang akan rilis Anda perlu mengikuti yang namanya pre-sale token, public token sale, dan private sale.

Yang dimana artinya Anda harus mengikuti pembelian perdana untuk mendapatkan aset crypto sebelum koin tersebut di jual di pasaran.

Apakah Crypto Investasi Atau Trading ?

Jawabannya adalah crypto itu merupakan aset sama seperti saham, obligasi, reksa dana, dan lainnya.

Yang membedakannya hanyalah crypto ini merupakan aset berbentuk digital. Walau kasat mata tapi harga dari crypto ini sendiri merupakan uang nyata yang diperoleh melalui pertukaran uang fiat (mata uang sesungguhnya).

Anda dapat memilih crypto sebagai investasi atau trading. Walaupun kebanyakan orang akan memilih untuk menggunakan crypto menjadi aset yang dapat di perjual belikan dalam waktu yang lebih singkat.

Alasannya, karena fluktuatif harga crypto lebih cepat dibandingkan aset seperti saham, obligasi, dan jenis sektor saham lainnya.

Fluktuatif harga ini membuat harga crypto sendiri mengalami perubahan yang sengat bergejolak membuat market atau pasar crypto menjadi sangat aktif sehingga memiliki peluang bagi seorang trader untuk meraup keuntungan, atau sebaliknya malah merugi.

Peluang trading crypto ini sangat besar, pasalnya begitu harga crypto yang memiliki fluktuatif agresif membuat pelaku trader dengan modal yang memumpuni dapat memperoleh keuntungan yang sangat besar.

Harga crypto sendiri bervariasi tergantung dari portofolio koin itu sendiri, yang menjadi patokan adalah jaringan blockchain apa yang menjadi teknologinya, berapa total suplai, dan pada akhirnya berapa penjualan koin/token pada saat ICO di selenggarakan.

Saat Anda memulainya dari ICO, Anda dapat dikatakan ingin berinvestasi karena proses ICO juga membutuhkan waktu yang cukup lama tidak seperti proses IPO untuk perdana saham mungkib hanya berlangsung 3 – 7 hari saja.

ICO cryptocurreny sendiri dapat berlangsung berbulan-bulan bahkan hingfa bertahun-tahun. Jadi tidak ada fakta yang dapat mengatakan crypto itu bukan investasi padahal waktu yang dibutuhkan sangat lama dan prosesnya juga cukup sulit dibandingkan perdananya sebuah saham di luncurkan.

Meskipun Kita lebih mengenal crypto itu untuk di perdagangkan dalam bentuk trading crypto.

Mungkin saja Anda belum pernah merasakan bagaimana pengalaman berinvestasi di cryptocurreny salah satu caranya dengan mengikuti penawaran perdana cryptocurrency yaitu ICO.

Pada saat peluncuran ICO biasanya sebuah koin atau token akan memiliki harga tertentu yang telah di patok berdasarkan kualitas koin, jumlah supplai, dan likuiditas (jumlah uang yang dapat dicairkan berdasarkan modal investor).

Cara untuk investasi crypto sendiri yaitu seperti yang dijelaskan di atas yaitu dengan mengikuti penawaran perdana sebuah crypto.

Akan tetapi, dalam model trading sendiri..Kita juga dapat menjadikan aset crypto yang telah Kita beli menjadi sebab mengapa aset crypto dapat untuk dijadikan investasi jangka panjang.

Cukup membeli sebuah koin dengan jumlah yang cukup besar, kemudian dengan harapan pasti di masa depan harga mata uang tersebut dapat melonjak naik karena minat trader.

Yang menggerakan harga saham juga tidak di ukur seperti layaknya investasi saham yaitu segala sesuatu yang ada kaitannya dengan perusahaan yang menerbitkan saham di pasar efek akan berdampak pada harga saham.

Namun, di crypto berbeda ! Harga dapat ditentukan karena beberapa sebab seperti regulasinya, bidang atau sektor industri crypto tersebut, kegunaan crypto, dan ciutan seorang tokoh berpengaruh, dan yang paling berdampak yaitu karena aktivitas jual beli di pasar crypto.

Sampai sini apakah Anda paham bahwa crypto itu investasi atau trading ? Jawabannya adalah benar keduanya. Namun yang paling dapat di perjelas disini adalah crypto itu merupakan jenis investasi baru yaitu aset digital.

Pasti Anda juga pernah menemui istilah ini “Aset Digital” di beberapa market trading crypto yang ada di Indonesia.

Karena mereka tahu, sebagai ahli pihak bursa crypto sendiri tahu bahwa crypto itu juga sebuah investasi tapi melainkan sebuah investasi terhadap aset digital makanya disebut aset masa depan yang begitu tidak akan bisa ditentukan kedepannya akan seperti apa tergantung dari regulasi crypto itu sendiri di negara yang mengakuinya.

Selain itu juga, untuk dapat membedakan apakah crypto itu investasi atau bukan dapat di lihat dari cara penggunaannya.

Jika Anda melakukan aktivitas jual beli micro maka namanya trading. Sedangkan jika Anda mengikuti perkembangan sebuah koin atau token dari sebelum sampai pada listing date hingga pergerakan harga, itulah yang namanya investasi crypto.