Berikut 5 Cara Merawat CVT Motor Matic Terbaru 2021

CVT Matic dan cara merawatnya

Jayapurnama.com – Sebagian besar masyarakat Indonesia saat ini menggunakan sepeda motor untuk transportasi sehari-hari. Agar selalu mendukung aktivitas berkendara, tentunya konsumen harus memperhatikan perawatan sepeda motor matic, salah satunya terkait perawatan CVT atau Continuously Variable Transmission.

FYI, CVT adalah otomatis pada penggerak matic, jadi tidak perlu mengganti persneling atau persneling. β€œPerawatan mesin CVT matic sangat penting, sehingga perlu diperhatikan agar selalu berfungsi dengan baik.

Oleh karena itu, kami hadirkan beberapa poin yang perlu diperhatikan konsumen untuk menjaga performa CVT,” ujar Waheeduddin, Senior Manager Aftermarket, Main Dealer Yamaha, PT Thamrin Brothers.

Berikut 5 perawatan CVT Matic yang perlu Anda ketahui:

  1. CVT harus bebas dari debu, minyak dan air. Jika tidak, dapat menyebabkan slip, berbunyi dan menghambat kecepatan kendaraan, dan putaran mesin tidak dapat diteruskan ke roda belakang sehingga gaya akselerasi akan hilang.
  2. Perhatikan perawatan pada komponen CVT khususnya filter CVT. Filter CVT bisa terkena air hujan saat musim hujan dan bisa berdebu saat musim kemarau. Periksa dan bersihkan filter CVT setiap 1.000 km.
  3. Lakukan servis wajib CVT pada 10.000 km yaitu memeriksa dan membersihkan komponen CVT agar akselerasi lebih halus atau lembut. Beberapa bagian CVT memerlukan pelumasan, jadi selalu gunakan gemuk untuk mengurangi gesekan yang berlebihan.
  4. Penggantian V-belt wajib dilakukan pada 24000-25000 km. Untuk performa lebih optimal dengan harga lebih ekonomis, ganti dengan CVT KIT (V-Belt, Roller, Grease).
  5. Jangan lupa untuk mengecek dan mengganti oli mesin pada 2000-3000 km sedangkan oli gear pada 9000-10,000 km.

Demikian beberapa tips merawat motor matic CVT, dan semoga dapat menjadi referensi bagi anda yang ingin merawat motor matic kesayangan anda.

Semoga dengan sedikit informasi seputar cara merawat cvt matic ini bisa menamba wawasan kita semua dalam menggunakan kendaraan dan merawatnya dengan lebih baik lagi πŸ™‚