Cara Menulis Artikel Blog yang Disukai Pembaca dan Google

Jayapurnama.com – Halo sahabat Calon Blogger Indonesia! Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi cara membuat artikel yang baik dan benar yang disukai oleh pembaca ataupun google search engine.

Artikel yang bagus tentu akan dapat mendatangkan banyak manfaat, salah satunya adalah mendatangkan banyak trafik di dalam blog yang kita kelola tentunya.

Lalu bagaimana sih cara menulis artikel yang baik dan benar? Banyak sekali faktor yang menjadikan artikel kalian mudah di index google.

Artikel yang baik tentu akan disukai oleh pembaca ataupun mesin pencari google. loh kenapa harus disukai mesin pencari mas? ya harus dong, supaya artikel kalian mudah muncul dimesin pencarian google.

Tahukah kamu, Faktor artikel di index google itu ada berbagai macam, baik dari penulisan artikel yang benar, Konten yang lengkap (Gambar, Video, Deskripsi, Bahkan grafik juga berpengaruh)

Selain penulisan dan konten yang lengkap, ada lagi faktor lainnya loh!. silahkan kalian cek tips agar artikel mudah di index google.

Baiklah, kembali lagi ketopik yah! Bagaimana cara membuat artikel yang baik dan disukai pembaca maupun mesin pencari!

β˜‘ Apa Itu Artikel?

Menurut yang admin ketahui, artikel adalah suatu karya tulis dengan panjang tertentu yang berisi gagasan atau fakta yang dapat membujuk, meyakinkan, mendidik, dan menghibur pembacanya, serta dipublikasikan ke suatu media (buletin, majalah, koran, website, media sosial, dan lainnya)

Nah, sudah paham belum apa itu artikel? semoga kalian mengerti yah.

Selanjutnya Bagaimana Cara Menulis Artikel Yang disukai Pembaca? Silahkan disimak secara seksama yah biar kalian paham.

β˜‘ Faktor Artikel disukai Pembaca

Berikut ini beberapa hal yang mempengaruhi artikel disukai pembaca:

1. Menulislah Seperti Sedang Ngobrol dengan Pembaca

Sebagai seorang blogger tentu kalian harus bisa menarik perhatian pembaca. salah satu cara untuk mendapatkan perhatian dari pembaca adalah mengajak pembaca seolah-seolah sedang berdiskusi dengan kita.

Dengan demikian pembaca akan merasa nyaman dan semakin tertarik. tentu dengan isi paragraf yang kalian tuliskan di dalam artikel selanjutnya.

2. Memahami Topik yang dibahas

Jika ingin lebih disukai pembaca, artikel yang kalian tulis haruslah jelas dan telah kuasai materinya. sehingga kalian akan lebih mudah beradaptasi dalam menyampaikan informasi.

Selain itu kalian akan lebih mudah untuk merangkai kata-kata yang menarik, dan saya sarankan tulislah dengan bahasa yang mudah dimengerti dan berdasarkan pengalaman.

3. Langsung to the point

Tips yang ketiga adalah to the point, dimana kalian harus lebih mengutamakan informasi yang tepat dan tanpa bertele-tele. karena pembaca membutuhkan informasi yang jelas dan akurat bukan hanya sekedar basa-basi dan omong kosong.

4. Libatkan Pembaca dalam Artikel

Nah, tips yang ini juga penting untuk diperhatikan, selain menyampaikan informasi secara jelas dan lugas. Kalian harus memperhatikan pembaca artikel kalian.

Sebaiknya kalian mengajak mereka seolah sedang berdiskusi, seperti memberikan sapaan khusus, misalnya menggunakan kata β€œsobatβ€œ, ” kalianβ€œ, Atau sebutan akrab lainnya.

5. Gunakan Bahasa yang Sederhana

Apa sih mas maksud bahasa yang sederhana itu? bahasa yang sederhana adalah bahasa yang mudah dipahami dan familiar di kehidupan masyarakat.

Jangan menggunakan bahasa yang berat apalagi menggunakan bahasa istilah ilmiah yang tidak mudah dimengerti oleh orang lain. mengapa demikian? Karena pembaca artikel kalian berasal dari berbagai kalangan, baik itu dari latar belakang pendidikanya dan profesi yang berbeda-beda.

6. Buat Paragraf yang Singkat

Tips yang keenam adalah memaksimalkan penggunaan paragraf dalam menulis artikel. dizaman yang serba online terutama mereka yang telah menggunakan perangkat smartphone akan mudah bosan saat menemukan artikel yang terlalu panjang dalam 1 paragrafnya.

Saya menyarankan kalian menggunakan 2-3 kalimat dalam satu paragraf. dan ini akan membuat pembaca tidak jenuh dan bosen apalagi sampai mengantuk 😁

7. Manfaatkan SubHeding (Format Artikel)

Ini adalah langkah yang paling sering dicuekin oleh penulis artikel pemula. mereka tidak memanfaatkan opsi subheding yang ada di settingan artikel.

Jika Kalian perhatikan artikel yang saya tulis sekarang ini. saya memanfaatkan subheding pada bagian Per sub-judulnya.

Contoh: saya menggunakan subheding (H2) pada judul (Apa itu Artikel?, Faktor Artikel disukai Pembaca, dan Faktor Artikel disukai Google) dan saya menggunakan Subheding (H3) pada Masing-masing subjudul didalam judul Faktor Artikel disukai Pembaca, dan Faktor Artikel disukai Google.

Mengapa harus memperhatikan hal ini? karena dengan memanfaat subheding akan dapat memudahkan kalian untuk membuat kerangka isi artikel. selian itu kalian bisa memanfaatkan fitur Daftar isi atau biasa disebut table of content.

8. Manfaatkan Bullet point / Daftar Angka

Bullet Point atau Daftar Baris angka, merupakan sebuah fitur yang dapat kalian manfaatkan untuk menulis sebuah point-point penting didalam artikel kalian.

Berikut ini contoh bullet point:

  • Manfaat Menulis artikel
  • Cara menempatkan kata kunci artikel
  • Cara Setting Artikel yang benar

Berikut Contoh Baris Angka:

  1. Manfaat Menulis artikel
  2. Cara menempatkan kata kunci artikel
  3. Cara Setting Artikel yang benar

Nah, bagaimana? apakah kalian sudah paham? sudahkah kalian menerapkan fitur ini didalam artikel kalian? atau kalian masih menulis secara manual untuk daftanya? hihihi.. segera manfaatkan fitur ini yah! biar artikelnya lebih rapih.

9. Manfaatkan Gambar/Video

Sebagai pembaca saja tentu kalian pernah merasa bosan saat dihadapkan dengan artikel yang hanya berisi teks semua. bukannya menemukan informasi yang dicari malah sudah ngantuk duluan.

Untuk itu saya menyarakan kalian dapat memanfaatkan gambar dan video untuk menunjang artikel kalian. sehingga pembaca akan lebih mudah paham dengan informasi yang kalian bagikan.

lebih baik lagi jika memasukkan video didalam artikel kalian. lebih lengkap tentunya.

10. Koreksi dan Edit Artikel sebelum di Publikasikan

Tips terakhir nih! Sebelum mempublish artikel kalian, jangan lupa untuk koreksi ulang, jangan sampai ada kata-kata yang tipo disetiap paragraf. usahakan bahasa dan kalimat sudah benar-benar tepat dan mudah dimengerti.

Artikel yang menarik adalah artikel yang mudah dipahami dan dimengerti
Setelah kalian memahami artikel yang disukai pembaca, sekarang kita akan bahas artikel yang disukai oleh mesin penelusuran / Search Engine (Google, Bing, dan SE Lainnya)

Kita akan kembali ke point 10 yang ada di faktor artikel disukai oleh pembaca: Koreksi dan Edit sebelum Di Publikasikan.

Nah dari Point ke 10 itu kita bisa memaksimalkan artikel hingga disukai oleh mesin pencarian google:

β˜‘ Faktor Artikel disukai oleh Google

Berikut ini beberapa faktor artikel disukai oleh mesin pencarian google:

1. Menggunakan Judul Yang Menarik dan Mengandung Kata Kunci

Bukan hanya manusia saja, google yang notabennya robot index juga akan memilih dan melihat judul artikel kalian.

Usahakan judul artikel kalian memiliki gaya bahasa yang menarik dan mengandung kata kunci. karena robot mesin pencari tentu akan mengutamakan blog dengan judul yang ada kata kuncinya.

Misalkan kalian membuat artikel tentang cara membuat artikel, tentu didalam judul artikel harus menyisipkan kata kunci membuat artikel, Nah lebih baik lagi kalian menggunakan kata kunci turunannya. Misalnya: Cara Membuat Artikel yang Menarik dan disukai Pembaca dan Google.

Dengan demikian google akan lebih melirik artikel kalian. karena ada daya tarik untuk robot merayapi artikel dan blog kalian.

2. Memaksimalkan Keyword disetiap Paragraf

Yang kedua adalah memanfatkan penempatan kata kunci didalam artikel.

Tidak banyak yang tahu bagaimana cara menyebarkan keyword atau kata kunci didalam artikel. padahal hal ini sangat mempengaruhi seo terhadap artikel yang kita posting.

Menurut pengalaman admin. penempatan kata kunci yang baik ada di 3 tempat.

Pertama: di paragraf 1 dan paragraf dua (Manfaatkan kata kunci turunan/kata kunci sinonim)
Kedua: di tengah paragraf (Kalian bisa memaksimalkan kata kunci longtail ditengah artikel, namun jangan terlalu banyak, batasi kalau bisa 1 saja. sisanya bisa menggunakan sinonim)
Ketiga, di paragraf terkahir (kalian bisa memaksimalkan kata kunci di paragraf penutup atau paragraf kesimpulan jika kalian menggunakannya)

3. Manfaatkan Konten Pendukung (Gambar, Video, Statistik, Diagram)

Kalau yang ini sama dengan point 9 di faktor artikel disukai oleh pembaca. Robot mesin pencari juga akan selalu mengutamakan blog atau artikel yang memiliki hasil yang kaya, terutama artikel yang memiliki gambar dan video.

Selain gambar dan video, kalian bisa memaksimalkan diagram atau statistik + Tabel jika artikel kalian berkaitan dengan informasi seputar statistik.

4. Memanfaatkan Format Subheding, Bullet Point, Baris Angka

Tidak jauh berbeda dengan point yang ada di faktor artikel disukai pembaca. google selalu update alogaritmanya dan akan memilih blog yang artikelnya menerapkan bullet point ataupun baris angka.

Pernah lihat artikel yang memiliki sitemap di halaman pencarian google? nah itulah manfaat jika kalian memaksimalkan penggunaan Bullet point, baris angka dan Subheding.

Jika istilah google dinamakan hasil yang kaya. dan itu akan menjadikan artikelmu diunggulkan di Search Engine.

5. Memasang/Mengaktifkan Deskripsi Artikel

Jika kalian tahu jika deskripsi artikel ini ternyata sangat mempengaruhi seo tentu kalian menyesal tidak memanfaatkanya.

Dengan mengaktifkan deskripsi artikel (Tag Meta) dalam istiah blogger.com dan Kutipan dalam istilah WordPressnya akan membuat google lebih mudah mengetahui isi konten kalian tanpa harus merayapi semua isi artikel.

Deskripsi artikel akan dimunculkan di hasil pencarian google tepat dibawah judul artikel.

6. Submit Artikel ke Google Search Console

Mau tidak mau memang kenyataanya artikel kalian harus di submit ke GSC (Google Search Engine) dong.

Karena seperti kata pepatah: “Tak kenal maka tak sayang, Tak sayang maka Tak Cinta”

Begitu juga dengan Robot google, jika kalian ingin artikel mudah dirayapi, maka kalian harus mengenalkan artikel ke google search engine. caranya dengan submit artikel ke Inspeksi elemen setiap kali memposting artikel baru.

7. Blogwalking (Aktivitas Komentar)

Point ke 7 ini sudah diterapkan oleh pakar blogger sejak zaman dulu. pertama kali komunitas blogger hadir. kegiatan blogwalking sangat rekomended.

Terutama untuk blogger yang baru seumur jagung, kalian wajib saling kunjungan blog sesama blogger dan melakukan komentar yang relavan. hal ini memancing google untuk merayapi artikel kalian karena terdeteksi ada aktifitas di dalam artikel kalian.

Tapi perlu diketahui. Jangan sekali-kali kalian melakukan spam url blog kalian di komentar blogger lainnya. hal ini akan membuat blog kalian terlihat sebagai spam oleh mesin pencari terutama google.

8. Share Artikel Ke Sosial Media Terkait

Tips yang terkahir ini menurut saya sangat rekomendasi ditahun 2021 ini. karena berdasarkan pengalaman pribadi, setiap artikel baru yang susah terindeks google. Lalu setelah saya melakukan share artikel melalui sosial media maka artikel tidak akan lama di rayapi oleh mesin pencari.

Namun perlu digarisbawahi. tidak serta merta saya membagikan artikel ke sosial media. tentu saya akan masuk ke dalam forum dan grup yang berkaitan dengan artikel yang saya bahas. sehingga tidak terdeteksi sebagai spam.

Berbagilah artikel sesuai dengan wadahnya! Maka Spam akan Menghindarimu😁

Setelah kalian melakukan langkah penulisan artikel diatas dengan baik dan benar. silahkan kalian tunggu hasilnya ya. semoga artikel kalian semakin disukai oleh pembaca ataupun google.

Dengan demikian akan membuat blog kalian kebanjiran trafik setiap kali memposting artikel. selamat mencoba dan semoga bermanfaat yah.