Tips Memilih Hosting Terbaik untuk Website dan Blog

Jayapurnama.com – Untuk membuat website profesional dan apik, salah satu kuncinya ada pada hosting. Sebab hosting ini sangat menentukan bagaimana performa website Anda bekerja. Jika hostingnya berkualitas buruk, membuat website jadi lambat diakses atau bahkan tidak bisa diakses sama sekali.

Bagi Anda yang belum tau, hosting merupakan tempat penyimpanan file pada suatu website. Bisa berupa tulisan, gambar, video, dokumen, email, dan masih banyak lagi  yang lainnya. Jika diibaratkan pada laptop atau komputer, maka hosting adalah harddisknya.

Tips Memilih Hosting untuk Website Anda

Saat Anda hendak membuat website, selain domain hosting juga dibutuhkan. Biasanya penyedia menyajikan hosting dan domain dalam satu paket.  Seorang pemula mungkin akan kebingungan memilih hosting yang tepat untuk website mereka.

Melalui artikel ini, kangmasian akan memberikan tips kepada Anda bagaimana memilih hosting yang benar-benar berkualitas sehingga tidak membuat pengunjung kesal. Apa sajakah itu?

1. Beli di Tempat Resmi

Jika Anda pernah mendapatkan tawaran untuk membeli hosting dengan harga murah di grup-grup facebook, sebaiknya jangan dibekali. Tapi belilah di perusahaan resmi yang terdaftar di Kemenkumham atau yang sudah terdaftar di Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Membeli hosting di perusahaan resmi dapat memberikan rasa aman sehingga sangat kecil resiko Anda tertipu. Selain itu, perusahaan resmi juga memberikan support yang total

2. Sesuaikan dengan Website

Sebelum Anda membeli hosting, ketahui terlebih dahulu website seperti apakah yang ingin Anda buat. Apakah hanya berisi tulisan-tulisan saja? Banyak gambar? Atau berupa online streaming? Sebab beda jenis website maka beda pula kebutuhan hostingnya.

Misalnya website yang hanya berisi artikel sebenarnya tidak perlu mengunakan hosting dengan spek tinggi. Dengan spek rendah atau menengah pun bukan jadi masalah, kalau seandainnya nanti full di tengah jalan, tinggal upgrade saja.

3. Ketahui Kualitas Servernya

Sebelum membeli hosting, ketahui terlebih dahulu bagaimana kualitas servernya. Karena dengan kualitas server yang buruk membuat website jadi kesulitan diakses sehingga tidak terlihat online. Bila hal itu sampai terjadi, tentu pemilik website yang sangat rugi karena berpotensi kehilangan penunjung atau calon pembeli (untuk website bisnis).

Saya sarankan bagi Anda untuk tidak langsung percaya dengan uptimenya. Semua perusahaan hosting rata-rata memang mengatakan jika uptime hosting mereka bagus. Cobalah lakukan survei kepada teman-teman Anda yang menggunakan layanan sama.

Selain itu, lokasi server juga tidak kalah pentingnya dan juga harus diperhatikan. Bila Anda menargetkan pengunjung dari Indonesia, maka pilihlah hosting dengan lokasi server di Indonesia agar orang-orang Indonesia lebih cepat dalam mengakses website. Sedangkan bila targetnya luar negeri bisa memilih hosting berlokasi server di Singapura atau Amerika

4. Ketahui Sistem Keamanan

Ibarat sebuah rumah, keamanan menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Begitupun halnya dengan sebuah hosting.

Alangkah lebih baik jika Anda membeli hosting di perusahaan yang bisa memberikan keamanan dan perlindungan website dari serangan-serangan yang berbahaya. Jangan sampai nantinya website Anda sangat mudah dibobol oleh orang-orang tidak bertanggung jawab hanya karena sistem keamanan yang sangat lemah.

5. Ketahui Supportnya

Kualitas support atau customer service juga patut Anda pertimbangkan sebelum memilih sebuah website. Jangan pilih penyedia hosting yang tidak memiliki layanan support atau yang memiliki support buruk.

Adanya customer srvice bisa membantu Anda jika suatu saat ada problem pada hosting yang Anda gunakan. Selain itu customer service yang baik pasti akan membantu Anda jika mengalami kesulitan order.

6. Pilih yang Memiliki  Fitur Upgrade

Hosting itu ada kapasitasnya, ada yang hanya 500 MB atau 2 GB dan ada juga yang di atas 16 GB. Semakin besar kapasitasnya semakin banyak pula file dan visitor yang dapat tertampung. Dalam mengelola website, ada kalanya kunjungan membludak sehingga Anda harus melakukan upgrade.

Maka dari itu, sebaiknya pilih penyedia hosting yang memiliki layanan upgrade. Dengan begitu, Anda tidak perlu takut lagi bila suatu saat website Anda kedatangan banyak visitor yang jumlahnya begitu banyak.

7. Pertimbangkan Pilih Addon Domain

Apabila Anda ingin membuat lebih dari satu website, pertimbangkan untuk memilih penyedia hosting yang memiliki fitur addon domain. Maksudnya, setelah Anda membeli hosting dan juga mendapatkan domain, Anda bisa menambahkan domain  kedua, ketiga, keempat, dan seterusnya.

Dengan Addon domain, bisa dibilang Anda bisa meng-online-kan banyak website sekaligus hanya dengan menggunakan 1 domain.

Oleh karena itu bila Anda ingin membuat banyak proyek website sekaligus, pilihlah hosting yang menyediakan fasilitas Addon Domain. Biasanya, hosting dengan fasilitas addon domain juga menyediakan cPanel yang mana akan sangat membantu mengatur data situs web di dalam hosting.

8. Ketersediaan Fasilitas cPanel

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ketersediaan cPanel juga perlu menjadi salah satu faktor pertimbangan ketika Anda sedang memilih hosting web. Karena memiliki cPanel akan sangat mempermudah pengaturan dan penyusunan data situs web tersebut, khususnya bila Anda masih pemula dalam dunia hosting.

cPanel juga bisa digunakan untuk mengatur, menambah dan mengurangi sub domain dalam website Anda.

Jika ingin memiliki email profesional sendiri, cPanel juga bisa mempermudah proses pembuatan email tersebut. Dengan begitu Anda bisa memiliki email dengan domain sendiri untuk kebutuhan apapun.

9. Testimoni Pelanggan Asli

Layaknya belanja online, Anda juga perlu melihat dulu testimoni pelanggan sebelum berlangganan hosting tertentu. Dengan begitu, Anda bisa melihat sendiri mana hosting terbaik dan mana yang kira-kira punya banyak masalah selama penggunaanya.

Melihat testimoni hosting tidak hanya bisa dilakukan di situs resmi setiap hosting. Namun juga dari ulasan yang ditulis oleh pemilik blog di situs mereka masing-masing.

Selain itu, meminta testimoni online dari grup, forum, ataupun media sosial lainnya juga bisa tempat terbaik karena pastinya semua orang akan menulis testimoni dengan jujur.

10. Cari yang Memiliki Dukungan Softaculous

Tips memilih hosting terbaik yang terakhir adalah yang memiliki Softaculous Support. Untuk Anda yang masih baru dalam dunia hosting dan website, fitur Softaculous Support ini akan sangat membantu dalam proses instalasi CMS seperti Wodpress, Joomla, Woocommerce dan masih banyak lagi.

Softaculous juga menjadi salah satu fasilitas yang membantu Anda mengatur database dan config CMS.

Jika Anda sudah berpengalaman dalam dunia konfigurasi hosting dan website, fitur Softaculous support ini mungkin tidak akan dibutuhkan. Namun jika ini adalah website pertama Anda, maka fasilitas Softaculous akan sangat membantu. Sebab dengan fasilitas ini, Anda tidak perlu mempelajari bahasa pemrograman dengan serius.

Mengingat hosting merupakan bagian yang sangat krusial dalam setiap website, pastikan Anda tidak salah pilih hosting web untuk situs masing-masing.

Nah, itulah beberapa tips yang admin bisa sampaikan kepada kalian tentang memilih hosting yang baik dan benar, buat yang ingin mendapatkan informasi lebih detail seputar teknologi, komputer, android, dan bisnis silahkan cek di Kangmasian yah. disana terdapat banyak informasi bermanfaat lainnya.

Baca Juga: Kode Referral Undangan TikTok Lite Terbaru 2021 | Dapatkan 50rb

Demikianlah kumpulan tips memilih hosting terbaik yang bisa Anda terapkan. Selalu ingat untuk tidak berlangganan hosting di reseller yang tidak resmi karena nantinya, Anda tidak bisa mendapatkan support customer service profesional dari layanan hosting tersebut.