Cara Membuat Web Story Mirip IG di Blog [Panduan Lengkap]

Halo teman-teman semua. Pada kesempatan kali ini admin akan berbagi informasi cara membuat web story yang keren dan menarik mirip seperti story yang ada di IG (Instagram). Tentu kalian semua mau dong punya web yang keren dan memiliki story sendiri.

Kalau teman-teman mau liat contoh web yang sudah menggunakan web story seperti yang akan admin sampaikan ini bisa cek di tutorialike.com. pokoknya kerenlah, daripada teman-teman pada penasaran, mending langsung kita bahas sekarang juga.

Apa Itu Web Story?

Web Story adalah fitur yang dibuat untuk menampilkan sebuah story atau cerita yang ada di website atau blog yang biasanya beriisi informasi sesuai keinginan dari pemilik web atau blog tersebut. Story web bisa disetting untuk kebutuhan memisahkan label/kategori tertentu di dalam artikel. Selain itu juga di isi dengan gambar sesuai keinginan. Kalian juga bisa custom sendiri sesuai kebutuhan.

Manfaat Web Story

Jika dilihat dari manfaatnya, web story sangat berguna untuk meningkatkan kinerja web menurut admin. Karena dengan adanya web story pengguna akan penasaran dengan isi dari story yang ditampilkan atau bisa juga pengguna memiliih kategori atau label apa yang akan dilihat didalam blog yang dikunjungi.

Cara Membuat Web Story di Blog/Web

Di artikel kali ini admin akan membagikan tutorial khusus untuk kalian yang menggunakan blogspot. Buat kalian yang menggunakan wordpress juga bisa menggunakan layanan ini. Hanya tinggal setting aja sesuai kebutuhan.

Berikut Ini Tutorialnya:

  • Pertama kalian Kunjungi use.storywidget.com.
  • Buat akun & Verifikasi
  • Pada halaman muka akan ada sample widget dengan mengeditnya Kamu dapat belajar dan berkreasi membuat widget story seperti apa di blogmu (Sample tidak bisa di gunakan hanya percobaan )
  • Untuk menggunakan widget silahkan buat dengan menekan (Create Widget)
Membuat Project Baru
  • Selanjutnya kalian akan dihadapkan dengan beberapa menu diantaranya: Deskripsi, Media, CTA, Duration, Schedule.
  • Langkah pertama adalah pilih type Reguler Stories dan Pilih Menu Story
  • Selanjutnya Klik Project Baru dan edit bagian menu yang tersedia. Lihat contoh Settingnya:
  • Setting Judul: Silahkan Masukkan Judul sesuai keinginan, (saran saya gunakan satu kata) bisa gunakan label atau kategori, sebagai contoh saya gunakan Maxim sebagai judulnya.
Masukkan Judul
  • Setting Deskripsi: Silahkan centang pada deskripsi jika kalian ingin menampilkan tulisan atau penjelasan di dalam story. Jika tidak ingin menambahkan deskripsi silahkan hapus ceklis. Kalian juga bisa mengatur posisi teks jika menggunakannya.
Masukkan deskripsi (Opsional)
  • Setting Media: silahkan siapkan gambar dengan ukuran 330×600, dan masukkan di bagian thumbnail dan gambar web story. Silahkan pilih Square untuk yang menarik.
Masukkan Media Thumbnail dan Gambar
  • Setting CTA: Silahkan ceklis pada “Clik URL” dan masukkan URL sesuai keinginan kalian, karena admin tadi menggunakan maxim pada judul, maka admin masukkan URL sesuai kategori Maxim. Selanjutnya ceklis pada ‘Call to Action’ dan Masukkan kata-kata sesuai keinginan, disini admin masukan ‘Klik Selengkapnya’ dan silahkan ubah warna teks sesuai keinginan.
Masukkan Link dan Edit CTA
  • Pada Bagian Duration dan Schedule bisa teman-teman lewati. Selanjutnya klik ‘Save’

Kalian akan mendapatkan kode yang harus dipasang di dalam blog kalian antara kode <body…..</body>. Intinya kode tersebut harus dimasukkan diantara kode body atau didalam konten utama di blog kalain. Maka silahkan Copy kode tersebut.

Jika kalian bingung dan kesulitan bisa gunakan cara simpelnya, tempatkan kode tersebut di dalam widget di bagian header. Jika teman-teman menggunakan template buatan mas sugeng dan Jagodesign akan lebih mudah.

cara simpelnya 🙂

Cara Memasang Kode Web Story Di Blog

Silahkan ikuti tutorial penempatan kodenya di blog berikut ini. (contoh ini menggunakan template median UI) template lain bisa menyesuaikan.

  • Buka Blogger.com (Bagian Dashboard)
  • Pilih Menu Tata Letak
Edit Tata Letak
  • selanjutnya edit widget Billboard Ad
Edit widget ini
  • Masukkan Kode yang kalian dapatkan dari situs use.storywidget.com sebelumnya.
  • Selanjutnya simpan.
  • Selesai.

Jangan lupa kalian cek blog kalian, apakah tampilan sudah sesuai keinginan. Jika belum silahkan kalian berkreasi sendiri sesuai keinginan. Semoga pembahasan tentang cara membuat web story keren mirip IG (instagram) ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan teman-teman semua. Sekian dari admin, salam sukses selalu blogger Indonesia.