Cara Daftar Google News untuk Blogspot, Manfaat dan Resikonya!

Halo, Apa kabar kalian semua? Lagi nyari informasi cara daftar google news untuk platform blogspot ya? karena sekarang ini lagi ramai sekali pembahasan untuk google news di komunitas blogger indonesia. terutama di laman grup facebook.

Sudah lama sekali saya ingin membuat tutorial daftar google news khusus blogger yang menggunakan platform blogspot. hal ini berlaku untuk kalian yang masih menggunakan domain gratisan ataupun domain custom TLD (Top Level Domain).

Mengapa saya bahas daftar google news khusus platform blogspot? karena memang ada beberapa perbedaan antara pendaftaran google news platform blogspot dan platform wordpress. yang paling mencolok adalah di bagian feednya. dan juga proses pendaftarannya. kalau di blogspot kalian harus pasang secara manual dan tampilan juga seadanya. sedangkan kalau di wordpress kalian hanya perlu pasang plugin dan tampilan lebih mendukung untuk di google news.

Apa itu Google News?

Google Berita merupakan layanan kompilasi berita yang secara otomatis menampilkan berita dari berbagai media. Google News juga menyediakan layanan pencarian berita dengan hasil pencarian berupa-berita yang sesuai dengan kata kunci. (wikipedia)

Setelah kalian tahu apa itu google news, sekarang kita akan kebagian persiapan sebelum mendaftarkan blog kalian di google news.

Persiapan Blog Daftar Google News (Khusus Platform Blogspot)

  • Utamakan blog dengan artikel mengandung berita
  • Pastikan blog sudah Terindex Google (Pos dan Halaman)
  • Pastikan favicon di internet sudah muncul
  • Pastikan menggunakan template yang responsive dan seo friendly
  • Umur Blog Minimal 2-3 bulan (Pengalaman)
  • Diutamakan blog dengan niche tunggal (bukan blog gado-gado)
  • Pastikan setting feed di dashboard Full (Penuh)
  • Pastikan Artikel Original (Jangan Copas)

Sebelum lanjut, kita akan bahas manfaat bergabung Google News. berikut ini penjelasannya.

Manfaat Gabung Google News:

Dengan mendaftarkan blog ke google news dan kalian diterima maka kalian akan mendapatkan keuntungan yaitu artikel akan muncul di google berita. namun perlu diketahui, persaingan di google news tidaklah mudah. jika artikel kalian tulis di blog tidak sesuai dengan SOP google news, makan blog kalian tidak akan pernah tampil dihalaman beruta google news.

Namun jangan putus asa dulu, kalau kata mereka yang sudah daftar di google news ada manfaat lain yaitu artikel kita mudah terindex google katanya. tapi admin sendiri kurang percaya dengan hal itu. sekarang semuanya kembali kepada kalian yang merasakannya.

Setelah tahu manfaatnya. sekarang kita bahas resikonya.

Resiko blog platform blogspot didaftarkan Google News

Setiap apa yang kalian lakukan, tentu akan ada kebaikan dan keburukannya. begitu juga dengan mendaftar dan bergabung di google berita ini. mau tahu apa resikonya? yang paling admin kurang setuju adalah mudahnya terkena AGC.

Apa Itu AGC?

AGC adalah singkatan dari Auto Generated Content, AGC merupakah salah satu teknik dalam dunia blogging, dalam teknik AGC, author web dapat memanipulasi konten hasil pencarian di mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, Yandex, atau search engine lainnya.

Kok bisa gitu bang? kenapa blog yang terdaftar di google news mudah kena AGC? alasanya hanya satu, karena di platform blogspot ada setting feed yang harus dibuat Feednya Full atau Penuh. dengan pengaturan setting feed full akan memudahkan si tukang AGC ini mengambil semua artikel kalian untuk di salah gunakan. salah satunya adalah dimasukkan kedalam blog mereka. tentu ini akan merugikan pemilik blog dong. (Pengalaman korban AGC)

Tapi kalian jangan khawatir, jika kalian ingin mendaftar Google News ya daftar saja, tapi kalian tidak perlu umbar sana sini. karena nanti kalau ketemu si tukang AGC kelar tu blog kalian. jadi sebenarnya yang salah bukan google news ataupun kalian yang daftar, tetap yang salah si tukang AGC nya.

yaudah ya. sekarang kembali ke topik cara daftar google news khusus platform blogspot.

Langkah Daftar Google News khusus Blogspot

  1. Langkah pertama silahkan Akses Halama Web Pendaftaran Google News Publisher Centre di https://publishercenter.google.com/
  2. Pada halaman Home Page Publisher Centre Pilih + Add Publication
  3. Masukkan Nama Profil Publikasi, bisa dengan Nama/Judul Blog Anda kemudian Klik Save
  4. Masukkan Nama Publikasi (Judul Blog), Deskripsi Blog dan Kategori (Niche Blog)
  5. Tentukan bahasa yang digunakan dalam penulisan Konten Postingan Blog Anda, Kemudian masukkan Alamat Domain Blog. Bisa diawali dengan https://www atau www. atau tanpa awalan.

Apabila muncul peringatan Situs belum Diverifikasi, silahkan Klik Verifikasi Kepemilikan Situs, Anda akan dibawa ke halaman Google Search Console, lakukan verifikasi kepemilikan situs terhadap Akun Google yang anda gunakan untuk mendaftar.

  1. Pilih Lokasi berdarkan Negara Target Visitor Blog Anda mengikuti bahasa yang digunakan dalam penulisan Konten Blog agar lebih sesuai.
  2. Masukkan Akun Google Admin Blog dan beberapa penulis Blog, disarankan tambahkan beberapa Akun Google Penulis Blog yang Aktif untuk meyakinkan bahwa Blog Anda dikelola tidak secara pribadi melainkan oleh Tim yang siap update postingan secara rutin setiap harinya.
  3. Tentukan Negara diluar penargetan Visitor (Target Internasional), pilih beberapa negara yang bisa anda targetkan. Berikan izin untuk ketiga kategori yang ada di Google Specific Properties dengan memberikan checklist.
  4. Masukkan Kode pelacakan dari Google Analytics Blog dan Buat Tracking Pixel dengan memasukkan URL Blog Anda kemudian Klick Next untuk beralih ke Tab menu selanjutnya.
  5. Pada Menu Selection Buat URL Halaman Feed Blog, Anda bisa memasukan URL Feed blog Anda atau Jika Anda memiliki Channel Youtube yang berkaitan dengan Blog silahkan dengan cara Klick New Section kemudian pilih Video.

Untuk Contoh Url Feed blogspot adalah seperti di bawah ini
https://contohblog.blogspot.com/feeds/posts/default

ubah ‘contohblog’ dengan nama blog kalian, jika sudah custome TLD silahkan gunakan nama domain kalian tanpa menggunakan blogspot.com lagi
  1. Pada menu Content Verification pastikan sudah terisi URL alamat blog Anda dan statusnya Verified, apabila belum teriverifikasi silahkan diverifikasi terlebih dahulu. Kemudian Klick Next
  2. Masukkan Square Logo dan Wide Logo mengikuti ketentuan yang ada agar Logo dapat ditampikan, jika ukuran tidak sesuai dengan ketentuan maka setiap kali Anda coba masukkan akan terjadi Error alias gagal, jadi pastikan ukuran logo memenuhi ketentuan.
  3. Pada Tab Ads, terlebih dahulu isikan Id Penayangan Akun AdSense anda pada Area Publisher-Managet Ads, kemudian Klick Save.
    Dengan cara di atas barulah pada Account to Receive Payment muncul ID Akun AdSense Anda dan bisa diaktifkan untuk menerima pembayaran nantinya.
  4. Untuk menu Advanced saya kurang paham bagaimana cara menerapkan pengaturannya, banyak informasi beredar tahap ini bisa Skip dan tidak akan menjadi masalah dalam proses Review meskipun diabaikan. Bisa juga dengan menambahkan jenis Fonts yang ingin dipakai dengan mengupload file Fonts sesuai dengan selera Anda.
  5. Setelah semua Form Pendaftaran selesai diisi, Klick menu Save dan ajukan Review (Peninjauan)
  6. Proses pendaftaran Google News Publisher Centre selesai.

Muncul informasi tanggal Publikasi dan keterangan bahwa Blog masih dalam kodisi IN REVIEW atau peninjauan oleh Team Google. Jika blog Anda sudah diterima di Google News maka IN REVIEW berubah menjadi LIVE.

Nah itulah cara daftar google news yang dapat kalian ikuti, semoga kalian terbantu dan bisa mendaftarkan blog kalian di google news. sekian informasi yang dapat admin sampaikan. semoga bermanfaat dan salam sukses blogger indonesia.

Jaya Purnama
Hanya ingin bermanfaat untuk semua orang.