Cara Agar Artikel Blog Mudah Terindex Google Terbaru 2021

Sebagai seorang blogger tentu berharap bisa memaksimalkan penggunaan internet untuk dapat menduduki posisi atas di mesin pencarian Google. Karena itu seorang blogger harus bisa optimasi blog dan artikelnya agar disukai oleh mesin pencari, baik dari optimasi artikel dimulai dari cara menulis dan tips menempatkan kata kunci yang baik dan benar dan setting wajib lainnya.

Jujur saja, artikel ini saya tulis dengan menggunakan pengetahuan pribadi dan berdasarkan eksperimen. Saya adalah blogger yang buta akan tools untuk riset kata kunci yang disediakan di internet. Namun apa salahnya jika pengalaman saya ini bisa membantu teman-teman yang membutuhkan.

Saat saya ingin menulis artikel di blog, saya hanya bermodalkan ilmu dan materi yang dibutuhkan untuk ditulis. Lalu saya setting alakadarnya saja. Namun saya yakin, google sangat menyukai konten yang bermanfaat dan informatif. Jadi kenapa harus sibuk mencari tools riset kata kunci. Pikir saya gitu.

Berikut ini saya buatkan artikel yang berkaitan dengan mempercepat index google. saya akan jelaskan faktor-faktor artikel cepat di Index google versi jayapurnama.com

Faktor-faktor Artikel Mudah di Index Google:

1. Artikel Original dan Informatif

Sebagai seorang blogger tentu tugas utamanya adalah menyajikan artikel dan informasi yang bermanfaat dan berguna bagi pembacanya. Oleh sebab itu setiap kali ingin menulis artikel usahakan materinya benar-benar original dan informatif. Jangan asal tulis dan asal publish. Karena tulisan yang kalian bagikan di internet itu harus dapat dipertanggungjawabkan. Jangan terlalu memikirkan kompetitor. Menulislah mengalir karena keikhlasan dan berdasarkan fakta di lapangan.

Google akan mengindex artikel yang informatif dan original. Karena berdasarkan pengalaman saya, menulis langsung dari pengalaman akan lebih mudah di index google dibandingkan menulis artikel hasil dari menulis ulang artikel orang lain di google.

Jika kalian menggunakan jasa penulisan artikel. Usahakan untuk copy dulu artikel tersebut dan pastekan di notepad lalu kalian copy artikel dari notepad selanjutnya baru kalian paste ke dalam blog. Hal ini berguna untuk menghilangkan format tulisan.

2. Penulisan dan Setting Artikel

Setelah menyiapkan artikel original dan informatif, langkah selanjutnya adalah cara penulisan di blog dan setting artikel yang baik dan benar. Berdasarkan pengalaman admin, ada beberapa cara menulis yang baik dan benar mulai dari menempatkan kata kunci, menempatkan thumbnail gambar, memaksimalkan penggunaan Label, Pemalink, dan Deskripsi Artikel. Berikut penjelasannya:

1. Penempatan kata kunci:

kata kunci bisa menggunakan persamaan kata dan kata kunci turunan, misalkan judul artikel kalian “cara memasak nasi goreng cumi”, maka kalian bisa masukkan kata kunci tersebut di paragraf pertama dan kedua, di pertengahan dan di akhir artikel.

Jangan terlalu banyak memasukan kata kunci didalam artikel, Google akan menilai artikelmu sebagai Spam.

2. Penempatan Thumbnail dan Gambar:

Jika kalian menggunakan blogspot. Penempatan Thumbnail yang benar adalah di bawah paragraf 1 atau paragraf 2, dan sisanya kalian bisa menambahkan gambar lain di paragraf selanjutnya. (Jangan terlalu banyak gambar, maksimal 3 gambar). Namun jika artikel kalian berisi tutorial, maka akan lebih baik menggunakan banyak gambar. Lebih baik lagi dengan menambahkan video berkaitan dengan tutorial. Agar loading blog tidak berat gunakan template yang ada lazylod video dan lazyload gambar.

Thumbail usahakan untuk dikompres dulu agar tidak memberatkan loading, dna ukuran thumbnail yang bagus 1280×720 pixel.

3. Label:

Banyak blogger pemula tidak tahu apa manfaat label di dalam setting artikel. Padahal label juga berpengaruh terhadap seo google. Dengan memanfaatkan label/kategori bisa memudahkan pengguna memilih artikel yang berkaitan dengan pembahasan yang dilihat disebuah blog tertentu. Selain itu google juga lebih mudah merender artikel yang memiliki label/kategori. Jadi pastikan artikelmu menggunakan label, misal: artikelmu berkaitan tentang makanan, maka bisa kalian buat label dengan nama ‘Makanan’.

Label yang bagus adalah menggunakan 1 kata, dan untuk satu artikel usahakan hanya menggunakan 1 label, (bisa juga menggunakan lebih 1 label di satu artikel jika memang diharuskan)

4. Permalink:

Blogger harus tahu bahwa permalink juga berpengaruh terhadap SEO google. Kalau kalian tidak percaya, silahkan cek URL artikel yang ada di page one, lihatlah URL artikel tersebut. Pasti mereka mensetting URL dengan singkat dan padat. Misalkan, artikel mereka berjudul “Cara Masak Nasi Goreng Cumi Yang Enak dan Lezat” maka URL permalink nya hanya “https://www.namadomain.com/cara-masak-nasi-goreng-cumi/”. Karena permalink diusahakan menggunakan kata kunci yang singkat dan padat.

Bagaimana cara edit Permalink di blogspot? Silahkan klik permalink di setting artikel sebelah kanan dan buat manual permalink, untuk memisahkan kata gunakan strip (-). dan usahakan tidak lebih dari 5 kata namun sudah terdapat kata kunci artikel.

5. Deskripsi Artikel:

Masih banyak blogger pemula tidak tahu manfaat dari mengaktifkan dan menggunakan deskripsi artikel di blogger. Padahal ini sangat berpengaruh dengan index google dan mesin pencarian. Karena dengan mengaktifkan deskripsi artikel akan memudahkan google menemukan isi dari artikel yang kita buat.

Cara mengaktifkan deskripsi artikel di blogspot: masuk kebagian dashboard dan klik setting, turun kebawah dan pilih Tag Meta lalu aktifkan Deskripsi Penelusuran. Silahkan masukkan deskripsi penelusuran, isi diskripsi penelusuran kalian bisa samakan dengan deskripsi dari blog kalian.

Setting deskripsi penelusuran di dalam artikel: saat kalian menulis artikel, kalian bisa menambahkan deskripsi penelusuran di menus seeting sebelah kanan, tepat dibawah lokasi. Masukkan deskripsi singkat yang menjelaskan tentang isi artikelmu. Maksimal 150 kata.

3. Daftar Google Search Console

Nah, setelah kalian membuat artikel yang baik dan setting yang benar, blog kalian harus didaftarkan ke search console. Karena blog adalah tools wajib yang harus digunakan untuk membuat blog kalian di index google. Intinya setiap kalian membuat blog baru wajib untuk submit artikel kalian di google search console.

Dengan memanfaatkan google search console akan membuat artikel mudah dirayapi oleh mesin pencarian google. Untuk info selengkapnya silahkan cek cara menggunakan Google Search Console

4. Usia Blog

Usia blog juga berpengaruh terhadap index google loh, mengapa saya katakan demikian. Berdasarkan pengalaman, blog dengan usia yang sudah cukup lama lebih familiar dimata google index. Pernah juga saya menggunakan domain zombie, atau bisa dikatakan domain yang sudah lama fakum dan tidak diperpanjang lagi oleh pemilik sebelumnya. Dan setiap saya membuat artikel baru maka artikel mudah sekali muncul di google pencarian.

Namun kalian juga harus memperhatikan spam score domain zombie, karena kadang banyak domain expired (zombie) yang memiliki spam score tinggi. Karena spam score paling aman menurut admin dibawah 11%, jika SS tinggi akan menjadikan artikel tidak lama bertahan di pencarian goole juga.

Dimana bisa mendapatkan domain blog usia lama? Di google banyak yang jual kok, kalau mau bisa cek sendiri di penyedia domain pilihan anda.

5. DA dan PA Blog (Domain)

Nah, kali ini kita berbicara soal DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority). Percaya atau tidak DA PA blog sangat berpengaruh terhadap google index terhadap artikel yang kalian publish. Dengan DA PA yang tinggi akan menjadikan artikel kalian fast index. Lalu bagaimana cara meningkatkan DA PA blog?

Banyak sekali cara menaikkan DA PA blog, salah satunya adalah memasang backlink. Backlink bisa di kalian pasang di OffPage dan OnPage, kalian bisa cari tahu sendirilah apa itu Off Page dan On Page. Namun intinya kalian bisa menyebarkan Link Domain Blog Kalian di berbagai tempat. Misal kalian masukkan domain blog kalian di social media, bisa di Facebook, IG, Twitter, dan lain sebagainya. Selain itu kalian bisa bagikan link domain kalian secara offline. baik dijadikan stiker dibaju, di topi, di mobil, atau di motor dll. Supaya banyak pengunjung.

Kalian juga bisa meningkatkan DA PA dengan rajin update artikel setiap hari minimal 1. Nah, kalau mau lebih cepat kalian bisa gunakan jasa backlink di sosial media dan di internet. Cari saja di google jasa meningkatkan DA PA Blog.

6. Share Artikel

Langkah selanjutnya kalian bisa memanfaatkan sosial media untuk mempercepat index google, yaitu dengan share artikel kalian ke sosial media. Karena alogaritma google sekarang sepertinya memperhitungkan pengunjung blog dari sosial media. Misalkan sebelumnya artikel kalian belum terindex google, namun setelah artikel di share ke sosial media dan ada pengunjung masuk ke artikel melalui link tersebut. Maka akan dapat memacing google merayapi artikel kalian. Apalagi jika pengunjung yang masuk luamayan banyak.

Saya sarankan kalian memanfaatkan halaman facebook untuk berbagi artikel ke facebook, jadi artikel kalian akan lebih aman dan terhindar dari blokir facebook, baca disini cara verifikasi domain di halaman facebook terbaru

7. Blogwalking ( Kunjungan dan Komentar)

Dan yang terkahir ini adalah cara lama, blogger dari zaman dulu udah menerapkan cara ini, karena dengan melakukan blogwalking akan memancing google merayapi artikel kita, semakin banyak aktivitas didalam artikel maka semakin terlihat baik juga artikel tersebut di mata mesin pencari.

Namun perlu diketahui, blogwalking juga ada aturannya.. Kebanyakan dari kita masih salah kaprah dalam menerapkan cara ini. Mereka hanya sekedar mengunjungi blog lain dan komentar seadanya, kadang komentar juga tidak relavan dengan pembahasan artikel terkait. Dan lebih parahnya lagi malah nyepam link yang tidak relavan dan tidak berkaitan. Pikirnya itu adalah cara cepat mendapatkan backlink, namun faktanya malah link yang kalian tinggalkan dikometar blog orang lain itu dinilai jelak dan dianggap spam.

Nah, jadi kalian harus pintar-pintar memanfaatkan blogwalking ya teman-teman, jangan sampai itu akan menjadi bumerang terhadap blog kalian kedepannya. Selamat mencoba.

Mungkin hanya ini yang dapat saya sampaikan, semoga pembahasan ini dapat menambah wawasan kita semua. Saya harap dengan menerapkan cara yang saya sampaikan dapat membantu artikel teman-teman mudah keindex google. Sekian dan salam blogger indonesia.

Artikel ini real dari pengalaman pribadi, jadi masih banyak kekurangan, mohon maaf kalau kalimat dan kata-katanya masih susah dicerna. Tapi saya menuliskan ini tulus dari dalam hati saya dan ikhlas kok 😁🤭.

Jaya Purnama
Hanya manusia biasa yang ingin bermanfaat untuk semua orang.