Berencana Buka Pop Up Store? Ini 6 Cara agar Sukses di Tahun 2021

Jayapurnama.com – Pop up store kini menjadi salah satu trik pemasaran toko online yang dilakukan secara offline. Penggunaan aplikasi kasir terbaik dari Majoo tentunya akan mempermudah untuk mencatat seluruh biaya dan pengeluaran yang dilakukan oleh bisnismu.

Merancang pop up store sendiri harus dilakukan dengan matang supaya promosi yang dilakukan berjalan dengan baik. Biasanya pop up sore diadakan selama kurang lebih enam bulan dan tujuannya adalah untuk menghabiskan stok barang sekaligus branding. 

Bagaimana cara agar pop store yang akan Anda jalankan berjalan dengan baik? Anda bisa mencari tahunya di sini. 

Cara Mudah Sukses dalam Membuka Pop Up Store

Pop up store seringkali dibuka ketika terdapat event special dan menjadi ajang yang paling tepat untuk pemilik usaha online. 

Jika toko online Anda sudah lumayan besar pasti ada saat di mana Anda ingin tahu bagaimana reaksi konsumen dan apakah mereka sudah benar tahu brand yang Anda miliki. Oleh karena itulah pop up store menjadi solusi yang paling tepat untuk dilakukan. 

Nah persiapan membuka pop up store harus dilakukan dengan matang, walaupun waktu buka hanya terbatas tapi tujuan yang dicapai haruslah maksimal. Berikut ini beberapa cara mudah agar berhasil. 

1. Pemilihan lokasi 

Walaupun konsepnya adalah pop up store tetapi untuk pemilihan lokasi tetap harus diperhatikan. Lokasi pemasaran harus memiliki karakter yang tepat sesuai dengan produk yang Anda tawarkan. 

Perhatikan sudut lokasi, apalagi jika Anda membukanya pada saat sebuah event berlangsung. Oleh karena itu dibutuhkan pemilihan sudut dan penataan dekorasi yang tidak mengganggu jalan masuk keluarnya pengunjung. 

2. Pilih tema yang menarik

Tema adalah bagian yang perlu diperhatikan setelah pemilihan lokasi. Apakah tempat yang akan dipilih ini akan membuat produk jadi tampil lebih menarik. Tema juga akan mendukung apakah produk Anda akan dilirik oleh pengunjung. 

Hindari menggunakan tema yang tidak sesuai dengan produk atau tak sesuai dengan Anda. Pastikan saja jika tema yang Anda pilih juga tidak menghabiskan terlalu banyak biaya. 

3. Bagaimana promosi akan dilakukan? 

Waktu yang singkat membuat Anda harus pintar dalam memberikan diskon atau promo. Siapkan materi promo ini jauh-jauh hari sebelum pop up store dijalankan. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah banyak konsumen yang akan datang. 

Contohnya saja Anda posting di media sosial bahwa akan ada promo spesial selama pop up store dibuka. Kemudian pertimbangkan dengan matang berapa besaran potongan harga yang akan diberikan. 

4. Bekerjasama dengan pihak lainnya

Pernahkan Anda melihat pop up store dalam suatu event dan isinya bukan hanya satu brand saja. Kolaborasi juga sering dilakukan oleh pemilik usaha online untuk memasarkan produknya. 

Adanya kolaborasi ini akan membuat produk semakin dikenal mengingat yang datang ke pop up store juga konsumen dari brand lainnya. Begitu juga sebaliknya. Namun untuk berkolaborasi ini Anda harus memastikan bahwa produk yang dipilih selaras. 

5. Lakukan pencatatan transaksi

Khusus untuk pop up store pencatatan transaksi perlu dilakukan dengan baik. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa keberhasilan tidak termasuk dalam penjualan bulanan. Anda harus membedakan pencatatannya sehingga tahu sejauh mana acara berhasil. 

Jika tidak maka Anda akan kesulitan mengukur apakah kegiatan yang dilakukan selama enam bulan terakhir efektif. Bedakan sistem kasir untuk pop up store dan pisahkan datanya. Jangan lupa untuk tetap memonitoring secara rutin untuk tahu efektifitasnya. 

6. Dilakukan promosi terus menerus

Promosi saat pop up store bukan hanya dilakukan sebelum acara dimulai. Tapi Anda harus terus menerus gencar dalam melakukan promosi. Misalnya pada saat acara sedang berlangsung Anda bisa membuat live Instagram secara rutin. 

Bisa juga membuat story dan menambahkan promo selama acara berlangsung. Tambahan lainnya adalah promosi juga setelah acara selesai. Jangan berhenti melakukan promosi walaupun popup store telah berakhir. 

Membuka pop up store membutuhkan tim yang berbeda dan juga solid. Perlu monitoring secara berkala dan menetapkan strategi untuk inovasi selama promo berlangsung. Pastikan Anda mendapatkan data yang lengkap untuk memutuskan promosi menarik. 

Melalui aplikasi kasir online dari Majoo, Anda bisa dengan mudah membuka pop up store. Semua promo tinggal dimasukan ke dalam sistem saja.