istilah-istilah-tren-dalam-investasi-yang-perlu-dipahami

11 Istilah Tren Investasi, Pemula Wajib Tahu !

Istilah – Istilah Tren Dalam Investasi – Berinvestasi adalah salah satu langkah maju, berani mengambil tindakan untuk perolehan masa depan. Investasi itu seperti menanam pohon buah, saat Kita melakukan pembibitan (invest) kemudian di rawat lalu pada saat pohon subur dan berbuah Kita tinggal menunggu hasil panennya.

Investasi bukan hal yang baru lagi dalam model bisnis modern masa kini, hanya saja pelaku atau investor masih tidak terlalu menominasi. Alasannya mungkin karena orang berpikir bahwa investasi itu perlu modal yang sangat besar padahal tidak selalu seperti itu. Kemudian sebagian lainnya, sudah mengetahui apa itu investasi namun masih ragu untuk mencobanya karena belum mapan dalam managemen keuangan.

Sebenarnnya, investasi itu juga bisa di ibaratkan menabung, melakukan deposito secara menyicil tidak harus sekaligus melimpahkan aset, karena juga perusahaan yang menjual saham memiliki syarat minimum pembelian yang masih dapat terjangkau oleh siapapun, apalagi kini investasi sudah banyak memiliki layanan broker atau pialang (perantara investor) yang memudahkan Kita untuk memilih mana investasi yang perlu di dicoba.

Sebagai pemula apa yang perlu Kita ketahui sebagai Investor ?

Ada beberapa hal, mulai dari bagaimana memulai investasi, seperti apa memilih aset yang tepat untuk investasi, kemudian bagaimana cara perolehan keuntungan investasi, dan yang terpenting yaitu istilah-istilah di dalam investasi yang wajib di catat dan di ingat.

Tapi… apakah Anda sudah mengetahui beberapa istilah yang wajib di mengerti soal berinvestasi ?

Istilah-istilah ini tren dikalangan investor, mereka cepat paham mengenai sistem dan gejolak investasi.

Oleh itu…

Sebaiknya Anda yang baru saja mengambil langkah berani untuk melakukan investasi, perlu memahami betul macam-macam istilah yang ada di investasi.

Apa saja itu ?…

Langsung saja simak berikut ini istilah-istilah tren dalam investasi :

Istilah-istilah Dalam Investasi, Pemula Wajib Tahu !

1. Portofolio Investasi

Istilah dalam investasi yang satu ini merupakan instrumen tatap awal yang di miliki oleh investor, baik itu perorangan ataupun instansi yang melakukan investasi. Portofolio ini menunjukan gambaran analisis aset yang dimiliki.

Misal saja, Anda memiliki aset dalam sebuah portofolio yang menunjukan bagian-bagian dari beberapa aset yang Anda investasikan. Kita dapat contohkan disini total aset Anda (100%), kemudian aset itu terpecah dalam beberapa aset lainnya yaitu (30%) saham obligasi, (40%) saham emas, dan (30%) saham properti kemudian belum termasuk dengan nilai labanya.


Dapat Kita gambarkan jelas bahwa portofolio investasi itu artinya profil aset yang Anda miliki, yaitu hal yang dapat di jadikan laporan kekayaan investasi yang dimiliki.

2. Manajer Investasi

MI atau manajer investasi adalah pihak yang mengelola dana investor melalui portofolio efek, pekerjaan seorang MI memerluka izin resmi dari pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Manajer investasi ini memiliki banyak tugas selain untuk mengawasi dana investor, juga melakukan pengelolaan dana sehingga pemanfaatan biaya pemodalan jelas fungsinya.

3. PNL

PNL atau Perkiraan Nilai Laba adalah bagan keuntungan atau profit dari investasi yang dapat di lihat melalui portofolio investasi. Umumnya pnl ini juga dapat disebut roi namun istilah ini dapat di artikan lebih sederhana yaitu untuk mengukur laba yang di hasilkan selama investasi.

PNL tidak hanya merupakan keuntungan melainkan dapat menunjukan kerugian, yang artinya PNL dalam investasi artinya informasi laba/rugi yang di hasilkan.

4. Emiten

Emiten adalah pihak yang menerima dana dari pasar modal dengan menjual efek kepada publik, efek yang di maksud di sini berupa saham, obligasi, dan aset perdagangan lainnya.

Emiten dapat dikatakan sebagai pihak perusahaan, perorangan, atau organisasi yang memiliki saham yang kemudian memasarkannya ke bursa efek.

5. Return

Tidak jauh berbeda dengan istilah pnl, return adalah hasil yang diperoleh selama investasi.
Hasil yang dimaksud dapat berupa keuntungan (gain) atau kerugian (loss) tergantung indikator mana yang menunjukan.

Untuk menghitung return yaitu dengan membandingkan pada saat Kita membeli sebuah aset baik itu saham, kemudian melihat perkembangan aset yang di beli apakah menghasilkan return profit/loss.

6. Likuiditas

Likuiditas merupakan salah satu istilah investasi yang mengartikan kecepatan investasi dapat di cairkan (likuid) atau dijadikan uang fiat kembali. Istilah ini lebih khusus di peruntukan untuk model investasi jangka pendek yang perolehan returnnya sangat cepat sehingga investor dapat mencairkan dana kapanpun selama periode berakhir.

Lebih tepatnya likuiditas yaitu investasi perdagangan kontrak, investasi yang memiliki sistem perolehan cepat biasanya jangka waktu untuk memperoleh return juga cepat.

7. Initial Public Offering (IPO)

Initial Public Offering (IPO) adalah istilah yang mengartikan sebuah perusahaan baru saja melepas sahamnya ke bursa efek, atau menjadikan sahamnya dalam status public di pasar saham dan dapat di perdagangkan.

IPO adalah status yang menjadi landasan mengenai apakah sebuah saham perusahaan sudah go public atau belum. Isitilah ini juga hampir sama dengan ICO yaitu penawaran awal pertama coin cryptocurrency, setiap kali sebuah mata uang kripto akan di pasarkan publik maka status coin tersebut akan berubah menjadi ICO (Initial Coin Offering).

Saat menjadi investor senior mungkin Anda tahu apa potensi yang bisa di dapatkan melalui IPO perusahaan yang baru saja merilis sahamnya di bursa efek, ya benar.. yaitu saham memiliki potensi untuk naik karena baru saja di buka untuk investor secara publik sehingga mendatangkan potensi saham di kemudian waktu.

8. Volatilitas

Volatilitas adalah istilah fluktuasi harga saham investasi yang menjadi gambaran indeks bagi para calon investor. Bisanya sebelum melakukan investasi para calon investor akan melihat terlebih dahulu volatilitas dari sebuah aset.

Semakin tinggi fluktuatif harga saham, maka semakin tiggi resiko yang di dasarkan volatilitasnya.

9. Indeks Harga Saham

Istilah investasi ini adalah yang paling umum, indeks harga saham yaitu merupakan grafik angka yang menunjukan perubahan harga saham perusahaan dari waktu-ke-waktu.

Grafik indeks saham ini berguna bagi calon investor untuk memiliki gambaran serta dapat mengambil kesimpulan mengenai saham perusahaan yang nantinya akan di investasikan.

10. Dividen

Istilah ini mungkin sering Anda dengar, dividen adalah keuntungan atau laba yang didapatkan oleh perusahaan, kemudian profit itu dibagikan keseluruh pemegang saham (profit sharing).

Pembagian dividen biasanya memiliki ketentuan akan di berikan dalam beberapa waktu selama periode investasi, namun ketentuan dari setiap perusahaan dapat berbeda-beda.

11. Deposit & Withdraw

Ini adalah istilah dasar yang perlu diketahui, untuk mengingatkan kembali deposit adalah salah satu aktivitas investor yang ingin melakukan penanaman modal namun harus melakukan penyetoran terlebih dahulu dari dana pribadi ke rekening saham.

Sedangkan withdraw adalah proses perolehan profit yang ingin di ambil, investor akan melakukan penarikan keuntungan dari rekening saham menuju rekening pribadi.

Istilah-istilah dalam investasi di atas mungkin beberapanya telah Anda ketahui, namun juga ada yang pastinya belum untuk itu jangan sampai ketinggalan tren, apalagi soal istilah-istilah keren yang ada di investasi. Bagaimana jika ada yang tanya ? padahal Anda adalah seorang investor tapi belum mengetahui istilah yang sangat pengting dan wajib di ketahui seorang pemegang saham.

Selain itu, isitilah investasi di atas hanya di ambil bagian penting saja jadi jika sebelumnya Anda belum tahu ataupun lupa dapat di ingat kembali, pengertian atau sebutan-sebutan dalam investasi.