10 Cara Merawat Laptop Agar tidak Cepat Rusak

Okenice.com – Bagaimana cara agar laptop yang kita gunakan bisa bertahan lama dan awet? Tentu ada beberapa tips yang dapat kita lakukan. Laptop adalah kebutuhan yang tidak dapat ditinggalkan didunia milenial ini. 

  Apalagi kehidupan modern yang sudah semakin maju seperti saat ini. Kebutuhan data dan file yang elektronik. Jadi kalian harus tahu bagaimana cara agar performa laptop kalian tetap baik.   Merawat laptop adalah pekerjaan yang mudah bagi sebagian orang, apalagi bagi mereka yang sudah biasa memakai laptop dalam kesehariannya. Untuk menjaga laptop agar tetap awet dan tahan lama maka kalian harus melakukan beberapa cara berikut ini.

Tips merawat laptop agar awet dan tahan lama:

  1. Bersihkan kipas pendingin secara rutin, mungkin setahun sekali.
  2. Ganti thermal paste setidaknya setahun sekali bila laptop selalu digunakan untuk tugas berat (main gim, desain model 3D dsb)
  3. Bersihkan layar laptop dengan pembersih khusus layar
  4. Gunakan heat vacuum bila laptop selalu mengeluarkan udara panas
  5. Bila hendak membawa laptop ke mana-mana, gunakan tas jinjing khusus laptop, jangan ditaruh di tas ransel agar bagian sisi laptop tidak terbentur dan lecet
  6. Sebaiknya bersihkan bagian port/lubang-lubang USB dsb secara rutin menggunakan pembersih khusus alat elektronik agar tidak berkarat
  7. Jangan membiarkan laptop tidak digunakan terlalu lama, hal ini akan mengurangi umur baterai dan bisa mati total sehingga harus mencari baterai baru.
  8. Hilangkan minyak dari jari dan tangan sebelum menggunakan laptop!
  9. Laptop yang sudah lama dipakai (lebih dari 2 tahun) dan baterai terasa boros, maka saatnya ganti baterai bila diperlukan
  10. Gunakan sistem operasi yang asli dan resmi
  11. Bila anda menggunakan os Ms Windows, sebaiknya tambah RAM menjadi 8 GB dan gunakan SSD

  Itulah sedikit pembahasan tentang tips menjaga dan merawat laptop secara benar agar awet dan tahan lama, semoga pembahasan kali ini dapat menambah wawasan kita semua. Sekian dari admin dan terimakasih.

Jaya Purnama
Hanya manusia biasa yang ingin bermanfaat untuk semua orang.